8 Ciri Mobil Bekas Kebanjiran

8 Ciri Mobil Bekas Kebanjiran – Membeli mobil bekas merupakan salah satu solusi untuk anda yang ingin memiliki mobil dengan dana terbatas (Baca: 8 Tips Membeli Mobil bekas). Namun peristiwa banjir yang terjadi hampir merata di seluruh daerah Ibu Kota kemarin harus dijadikan perhatian, sebab bisa bisa mobil yang anda dapatkan merupakan mobil bekas terendam banjir.

Memang setelah terendam banjir, pemilik biasanya akan berpikir ulang untuk memakainya kembali. Salah satu jalan keluanya adalah dengan menjualnya. Tapi jangan khawatir 5 tips ini mungkin bias berguna untuk anda.

Berikut 8 Ciri Mobil Bekas Kebanjiran

1.      Cium bau interior
Kalau tidak wajar, seperti bau bekas terendam, padahal mobil relatif baru, atau bahkan bau kopi yang diyakini mampu menetralisir bau sangat menyengat, tinggalkan saja! Cari mobil lain!

2.      Buka karpet bagasi hingga terlihat ban cadangan
Perhatikan baik-baik! Jika ada lumpur tersisa, meski sedikit, patut dicurigai mobil itu bekas terendam banjir.

3.      Cek Mesin
Mobil yang terendam banjir biasanya ada gelombang batas terendam

4.      Tanda lumpur menempel
Kalau dua poin di atas masih "selamat", buka karet pintu yang menempel pada bodi, bukan pada pintu. Tarik karetnya, perhatikan apakah ada pasir atau lumpur yang menempel.

5.      Buka karpet
Lolos juga, coba buka karpet interior. Susah melakukannya, namun adalah inilah jurus terakhir yang efektif. Kotoran dan noda bekas banjir biasanya mengendap di balik karpet interior.

6.      Cek STNK
Patut dipertimbangkan adalah STNK-nya. Perhatikan lokasi rumahnya, rawan banjir apa tidak. Ini dilakukan untuk meyakinkan saja, karena ada beberapa mobil yang belum balik nama dan dipakai di daerah berbeda dengan STNK.

7.      Cek bagian kompartemen dan rak
Buka dan teliti bagian kompartemen, dan rak-rak di dalam mobil, biasanya akan ditemukan endapan pasir atau tanah yang ditinggalkan lumpur di sudut-sudut sempit.

8.      Cek fisik interior
Carilah komponen yang ganjil dan tak selaras dengan keseluruhan bagian di dalam mobil. Apakah karpet terlihat baru dan tak sesuai dengan usia mobil? Adakah yang hilang atau diganti? Apakah sarung jok terlihat janggal dan tak terangkai rapi dengan karpet. Patut dicurigai komponen-komponen yang tak rapi ataupun terlihat terlalu baru adalah komponen baru yang dipasang setelah mobil diangkat dari banjir.