Harga dan Spesifikasi Yamaha Xeon RC YMJET-FI

Harga dan Spesifikasi Yamaha Xeon RC YMJET-FI – Bulan Januari 2013 ini, Yamaha kemungkinan besar akan merilis motor skutik terbarunya yaitu Yamaha Xeon RC YMJET-FI. Sesuai namanya, Xeion RC akan menggunakan mesin injeksi, kehadirannya sekaligus menjadi penantang Honda Vario Techno 125.

Rencananya Yamaha akan merilis Xeon RC secara resmi pada minggu kedua Januari 2013 nanti. Skutik 125 cc ini mengalami penyegaran, dari desain sampai sistem pasokan bahan bakar dari sistem karbu menjadi sistem injeksi (YMJET-FI).

Harga dan Spesifikasi Yamaha Xeon RC YMJET-FI

Spesifikasi Yamaha Xeon RC YMJET-FI

Dari segi mesin, Yamaha Xeon RC menggunakan mesin yang tidak banyak berubah. Tetap mengusung mesin lama yang SOHC 2 klep, berpendingin cairan menghasilkan tenaga 8,05 kW @8.500 rpm dan torsi 10,10 Nm @7.000 rpm. Motor ini tetap akan mengandalkan teknologi DiAsil Cylinder dan forged piston.

Diameter pistonnya tetap 52,4 mm dan stroke-nya 57,9 mm. Kapasitas ruang bakar bersihnya tetap 124,9 cc. Yang paling membedakan adalah aplikasi injeksi YMJET-FI nya. Teknologi ini memang khusus dibuat Yamaha untuk motor-motor kecil khususnya matik.

Lampu depan, sein, tebeng depan, bodi samping tampil dengan rancangan baru plus perpaduan warna mencolok. Pada fairing samping dilapiri dengan stiker bertuliskan "Diasil", teknologi mesin yang juga digunakan padaMio J dan Soul GT.

Diasil adalah singkatan dari Die Aluminium Silicon, material logam campuran aluminium dan silikon yang tahan panas. Proses produksinya menggunakan teknik cetak (die casting) sehingga bersifat lebih kokoh dan padat sebagai landasan gerakan piston. Sedangkan Forged Piston, dibuat dengan teknik tempa (forging).

Mengenai dimensi, dimensi Yamaha Xeon RC tidak jauh beda dengan Xeon terdahulu. Tapi ada yang membedakan yaitu aplikasi side stand switch atau standar samping yang otomatis mematikan mesin ketika belum terlipat. Juga menyiapkan parking brake lock yang merupakan kunci roda ketika parkir, fungsinya agar motor tidak tergelincir ketika parkir di jalanan yang tidak rata,

Selain itu Yamaha juga telah menyiapkan transmisi baru yang lebih responsif tapi tetap halus sesuai dengan input bukaan gas sang pengendara. Keunggulan lain adalah bobotnya yang lebih ringan 3 kilogram bila dibandingan dengan model sebelumnya. Mio 125i ini beratnya hanya 100 kilogram, sedang yang lama 103 kilogram.

Harga Yamaha Xeon RC YMJET-FI

Xeon RC yang kepanjangan RC artinya Racing Champion hadir dengan 5 warna striping tribal yang menurut tmcblog cukup dinamis Victorius Red, Regal Purple, Dazzling Black, Cosmic White dan Thunderbold Blue. Untuk harga, Yamaha akan menyiapkan promosi khusus saat peluncuran Xeon RC nati, diskon satu juta lebih murah dari model sekarang, Rp 16,05 juta atau Rp 15,04 juta on the road di Jakarta.