Penyebab dan Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Penyebab dan Cara Menghilangkan Ketiak Hitam – Memiliki ketiak yang bersih tentu menjadi keinginan semua orang terutama kaum hawa. Namun banyaknya aktifitas, sering kali bagian ini kurang mendapatkan perhatian sehingga kulit di ketiak menjadi menghitam.

Sebenarnya masih banyak penyebab lain yang membuat ketiak anda menjadi hitam. Menurut Make Over Expert dan Managing Director Birla Pacific Med Spa Dr.Abhijit Desai ketiak gelap bisa disebabkan karena penggunaan deodoran atau juga karena kondisi kulit 'acanthosis nigricans'. Keadaan itu menimbulkan warna gelap pada lipatan leher, pangkal paha dan ketiak yang umum terlihat pada orang yang kelebihan berat badan.

Berikut Penyebab Kulit Ketiak Menjadi Hitam

Mencabut dan mencukur bulu ketiak
Penelitian telah membuktikan bahwa mencabut dan mencukur bulu atau rambut ketiak adalah penyebab utama ketiak menghitam. Kulit di ketiak sangat tipis dan sensitif. Setiap kali Anda mencukur atau mencabut bulu ketiak, anda menyebabkan lecet mikro. Luka ini akan membuat kulit berwarna gelap setelah sembuh..

Kehamilan
Setelah melahirkan, kulit di ketiak dan beberapa bagian tubuh lain seperti leher, perut, dan pinggang dapat berwarna gelap. Hal ini normal karena aktivitas hormon di tubuh anda saat sedang hamil memungkinkan pelepasan terlalu banyak melanin (pigmen coklat yang menentukan warna kulit) sehingga kulit di beberapa bagian tubuh itu mengalami hiperpigmentasi atau menjadi hitam.

Penyebab lain
Beberapa deodoran dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit yang mengakibatkan kulit ketiak menghitam. Ada juga penyebab lain yang kurang umum, seperti jamur dan asma kulit. Kegemukan juga dapat memperburuk pigmentasi dan menggelapkan beberapa daerah tubuh, termasuk tengkuk, ketiak, dan belakang lutut.

Cara Memutihkan Ketiak

1.      Pencegahan

Pilih waxing atau sugaring daripada mencukur
Jika anda berniat menghilang rabut diketiak anda, metode waxing atau sugaring lebih disarankan daripada mencukur

Gunakan deodorant yang tepat
Gunakan deodoran yang mengandung asam linolenat dari minyak biji bunga matahari untuk mengurangi warna hitam pada ketiak.

Pilih pakaian yang menyerap keringat
Selama musim panas penting memakai pakaian yang membantu kulit bernafas dan menyerap keringat.

Pastikan ketiak selalu bersih
Rajin membersihkan ketiak, karena akumulasi sel-sel mati banyak di daerah itu.

2.      Perawatan untuk menghilang ketiak hitam

Lemon scrub
Buah yang satu ini memang punya banyak manfaat untuk kecantikan. Lemon adalah salah satu bleaching alami untuk menghilangkan ketiak yang menghitam. Cukup oleskan ketiak dengan sari atau potongan kecil lemon sembari dilakukan pemijatan. Lakukan ini setiap hari sebelum mandi dan jangan lupa pakai moisturiser setelahnya. Hindari pemakaian deodorant selama beberapa hari.

Kentang
Anda bisa menggunakan kentang untuk menghilangkan ketiak yang menghitam. Potong kentang menjadi beberapa slice, lalu letakkan di bawah ketiak sembari dipijat tiga sampai empat menit. Lakukan setidaknya dua kali sehari dalam tujuh pekan.

Yoghurt dan lemon
Campuran yoghurt dan lemon juga bisa menghilangkan hitam pada ketiak. Biarkan selama 10 menit lalu cuci dengan air dingin, cara ini efektif untuk mengurangi warna hitam ketiak dalam sepekan.

Campuran Jeruk Nipis dan Mentimun
Jeruk nipis dan mentimun bisa Anda manfaatkan sebagai masker untuk ketiak Anda. Caranya dengan mencampurkan 1 sdt jeruk nipis dengan 1 sdt jus mentimun dan sejumput bubuk kunyit. Kemudian oleskan ketiga bahan tersebut di ketiak Anda, lalu bilas dengan air bersih setelah 20 menit.
  
Bubuk cendana dan susu
Buat ramuan alami dari bubuk cendana dan susu. Ambil satu sendok teh bubuk cendana dan campurkan beberapa tetes susu. Aduk rata dan oleskan ramuan alami ini pada ketiak. Biarkan mengering lalu cuci setelahnya dengan air dingin. Lakukan ini dua kali sehari untuk memutihkan ketiak yang gelap.

Pepaya
Ambil pepaya yang tidak terlalu masak (mengkal), lalu parutlah sampai halus.  Terapkan parutan di ketiak Anda setiap selesai mandi dan biarkan untuk beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih. Sifat dan kandungan unik pepaya menjadikannya sebuah pemutih alami.