Syarat dan Cara Pendaftaran SNMPTN Terbaru 2013

Syarat dan Cara Pendaftaran SNMPTN Terbaru 2013 – Saat ini proses pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN sudah dimulai. DI tahun 2013 ini, SNMPTN berdasarkan pada nilai rapor, prestasi lain dan hasil UN. Selain itu, semua sekolah apapun akreditasnya bebas mendaftarkan siswanya tanpa ada pembatasan kuota.

Berikut Syarat SNMPTN Terbaru 2013

- Siswa SMA/SMK/MA yang mengikuti UN tahun ajaran 2013/2014 dan memiliki prestasi akademik di sekolah pada tiap semester.
- Siswa harus mengantongi rekomendasi dari kepala sekolah dan harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
- Terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Soal PDSS, masing masing kepala sekolah akan mengurusnya. Mereka akan mengisi data PDSS di laman pdss.snmptn.ac.id. paling lambat hingga 8 Februari 2013. Setelah sekolah mengisi PDSS, pendaftaran SNMPTN 2013 dapat dilakukan 1 Februari-8 Maret 2013, proses seleksi 9 Maret-27 Mei 2013, dan akan diumumkan 28 Mei 2013

Untuk pendaftaran, peserta cukup memasukkan NISN dan password yang diterima dari sekolah. Jika telah selesai mendaftar, peserta dapat mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN 2013.

Untuk pilihan PTN, tiap peserta dapat memilih paling banyak dua opsi PTN yang diminati. Jika memilih satu PTN saja, maka peserta bebas memilih PTN mana saja. Namun jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal atau provinsi terdekat.

Sementara itu, untuk program studi, peserta dapat memilih paling banyak dua program studi yang diminati pada masing-masing PTN. Nantinya, pelamar akan diseleksi berdasarkan pilihan pertamanya dan apabila tidak terpilih, dilanjutkan pada pilihan keduanya. Jika tertarik untuk mengikuti SNMPTN 2013, anak didik dapat langsung memperoleh informasi lengkap melalui laman resmi SNMPTN ini.