Tips Mengatasi Motor Mogok Saat Banjir


Tips Mengatasi Motor Mogok Saat Banjir – Hujan yang terus turun belakangan ini membuat sejumlah jalan di Ibukota tergenang air, alhasil banyak kendaraan yang tidak dapat melaluinya terutama sepeda motor.

Namun tidak sedikit pengguna sepeda motor yang nekat menerabas jalan yang digenangi air yang cukup tinggi tersebut. Akibatnya, kita tahu semua,si kuda besi jadi mogok. Kalau sudah begitu, pastinya akan semakin menyusahkan bukan.

Beberapa tips ini akan membantu anda bagaimana cara mengatasi motor yang mogok di saat banjir. So, dicatat ya.

Berikut Tips Mengatasi Motor Mogok Saat Banjir

1.      Bawa ke bengkel resmi terdekat
Jika di tempat motor anda mogok ada bengkel resmi, sebaiknya langsung menuju kesana untuk segera diperbaiki motor anda. Jika tidak, terpaksa anda harus jadi mekanik dadakan.

2.      Bawa motor anda ke tempat yang tidak ada genangan air
Jika anda tidak menemukan bengkel resmi, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah membawa motor anda ke pinggir jalan yang teduh dan tidak ada genangan air, guna melakukan pemeriksaan.

3.      Check busi
Pemeriksaan sederhana yang bisa dilakukan adalah membuka busi lalu mengeringkannya. Chop (tutup) busi juga dikeringkan agar busi dapat memantikkan api dengan sempurna. Caranya tinggal tempatkan kain ke lubang ruang busi tadi dan gunakan kick starter beberapa kali untuk membiarkan dorongan dari mesin mendorong air keluar.

4.      Check saringan udara
Periksa pula saringan udara motor Anda. Karena biasanya setelah terendam banjir, komponen ini akan basah yang bila dipaksakan akan membuat motor Anda 'berebet' ketika dinyalakan nanti.

Bila bagian dalam saringan udara yang biasanya berbentuk busa atau saringan terlihat basah, maka untuk sementara copot saja saringan udara tersebut. Baru setelah sampai di rumah saringan udara itu dikeringkan dan dipasang kembali.

5.      Keluarkan air dari knalpot
Biasanya saat motor mogok sewaktu banjir, air akan masuk lewat lubang knalpot. Minta bantuan teman atau pengendara lain untuk mengangkat roda depan agar air yang terdapat di knalpot dapat keluar.

6.      Buang bensin di mangkuk karburator
Buang bensin yang berada di mangkuk karburator dengan cara membuka skrup pembuangan agar bensin yang tercampur air terbuang.

7.      Gunakan kick starter
Jika semua hal diatas sudah dilakukan coba nyalakan motor anda dengan menggunakan kick starter. Jangan menggunakan elektrik starter.

8.      Latihan bongkar motor
Bagi anda yang belum bisa membongkar bagian motor sendiri terutama wanita, sebaiknya mulai dari sekarang anda mulai mempelajari, sehingga tindakan diatas bisa anda lakukan sendiri.






Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Otomotif / Tips
Judul : Tips Mengatasi Motor Mogok Saat Banjir
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2013/01/tips-mengatasi-motor-mogok-saat-banjir.html.