6 Jenis Penyakit di 2013 yang Kebal Terhadap Obat



6 Jenis Penyakit di 2013 yang Kebal Terhadap Obat – Virus dan bakteri yang selama ini menjadi penyebab timbulnya sebuah penyakit kemampuannya terus berkembang. Sampai sampai obat antibiotik yang biasa digunakan sudah tidak bisa membasminya. Di tahun 2013 ini, tercatat sudah ada beberapa penyakit yang dinyatakan resisten alias kebal terhadap antibiotik, sehingga mau tidak mau perlu dicari formula lainnya.

Berikut 6 Jenis Penyakit di 2013 yang Kebal Terhadap Obat

1.      Kencing nanah
Salah satu penyakit menular seksual bernama kencing nanah atau Gonore disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit ini kini tak mempan diobati dengan antibiotik yang ada saat ini lantaran bakteri pemicunya sudah sangat resisten terhadap obat tersebut.

Salah satu bakteri yang kebal adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae yang memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang luar biasa. Menurut hasil penelitian, bakteri ini sudah kebal terhadap antibiotik penisilin, tetracyclines, ciprofloxacin dan cefixime.

2.      Tuberkulosis
Tuberkolusis atau TBC membunuh 1,34 juta orang setiap tahun di seluruh dunia. Kini penyakit yang sering menyertai HIV/ AIDS ini tak lagi bisa disembuhkan dengan antibiotik karena sudah menjadi kebal. Diperkirakan ada 12 juta kasus TBC di dunia pada tahun 2010. WHO memperkirakan ada sekitar 650.000 strain bakteri TB yang sudah kebal terhadap antibiotik. Kebanyakan kasus bakteri yang kebal ini terjadi di negara berkembang.

3.      Pneumonia
Pneumonia atau radang paru-paru bisa diakibatkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae (pneumococcus). Bakteri ini juga bisa menyebabkan meningitis atau radang selaput otak pada bayi maupun anak-anak. Bakteri pneumokokus hidup di tenggorokan manusia.

Bila daya tahan tubuh tidak kuat, bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh menuju paru (menyebabkan pneumonia), darah (bakteremia, sepsis) dan otak (meningitis). Sekitar 3 - 35 persen kasus infeksi disebabkan oleh bakteri yang sudah kebal antibiotik.

4.      Infeksi Staphylococcus Aureus
Bakteri Staphylococcus Aureus yang menyerang luka dapat menyebabkan infeksi ringan. Namun infeksi yang terjadi juga bisa berakibat serius dan meluas hingga ke jantung, paru-paru, darah dan tulang. Diperkirakan, Sekitar 1 dari 50 orang membawa jenis bakteri Staphylococcusyang sudah kebal terhadap antibiotik umum. Infeksi bakteri ini biasanya menyerang pasien rawat inap di rumah sakit atau lansia penghuni panti jompo.

5.      Infeksi Clostridium difficile dan Acinetobacter
Sudah sejak lama para dokter berjuang melawan 6 kuman patogen yang dijuluki ESKAPE, yaitu singkatan dari Enterococcus, Staphylococcus, Klebsiella, Acinetobacter, Pseudomonas dan Enterobacter. Kini keenam-enamnya sudah kebal terhadap antibiotik.

Bakteri ini menyerang tubuh melalui peralatan rumah sakit seperti implan bedah dan peralatan operasi. Bakteri ini sebenarnya sudah ditemukan di rumah sakit sekitar 20 tahun yang lalu. Karena dokter menggunakan begitu banyak antibiotik untuk membasminya, bakteri ini akhirnya kebal.

6.      Infeksi Escherichia Coli dan Salmonella
Kedua bakteri ini merupakan bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan. Munculnya sifat resisten diduga karena adanya hewan ternak yang diberi makan antibiotik untuk meningkatkan pertumbuhannya, akhirnya bakteri pun menjadi kebal.

Bakteri E. coli yang sudah kebal antibiotik juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih wanita. Penularannya diduga berasal dari ayam yang diberi pakan antibiotik. Uni Eropa akhirnya kini melarang pemberian antibiotik pada hewan ternak.