Daftar Pekerjaan yang Tak Butuh Ijazah Sarjana



Daftar Pekerjaan yang Tak Butuh Ijazah Sarjana – Dalam bursa pekerjaan, latar pendidikan masih menjadi faktor utama dalam penerimaan karyawan baru. Sebagian besar perusahaan masih mencatumkan persyaratan lulusan S1 alias sarjana di proses perekrutan karyawan baru. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiiliki latar belakang pendidikan di perguruan tinggi ?

Sebenanrnta diluar sana banyak sekali contoh orang bisa sukses tanpa galar gelar kesarjanaan. Sebut saja Bill Gates, pendiri Microsoft, tidak pernah lulus kuliah. Begitu pula Michael Dell atau Steve Jobs. Di luar dunia teknologi, ada Richard Branson. Tanpa ijazah perguruan tinggi, mereka memulai usaha sendiri dan kemudian sukses.

Di Tanah Air, anda tentu mengenal sosok Bob Sadino. Pria baya yang dikenal selalu menggunakan celana pendek ini selalu menjadi inspirasi para wirausahawan.

Anda tentu saja bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai mencari ide untuk mendirikan sebuah usaha, kemudian belajar secara otodidak untuk mengembangkan perusahaan tersebut. Namun jika Anda masih ingin bekerja pada orang lain di sebuah perusahaan, berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang bisa Anda dapatkan tanpa perlu gelar sarjana.

Berikut Daftar Pekerjaan yang Tak Butuh Ijazah Sarjana

Jurnalis
Media massa biasanya mensyaratkan ijazah perguruan tinggi bagi semua pelamarnya. Namun jika Anda memulai sejak dini terjun sebagai wartawan di majalah sekolah, buletin kampus, atau surat kabar lokal di kota Anda, biasanya perusahaan akan memperhitungkan pengalaman Anda. Kemudian, jurnalis baru biasanya akan mendapat pelatihan di tempat kerjanya.

Sales/marketing
Banyak perusahaan mempekerjakan kandidat sales dengan melihat pengalaman kerja dan tidak mempertimbangkan gelar.

Pengembang web
Prospek kerja dan potensi penghasilan bagi para pengembang web (termasuk pengembang aplikasi) diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan pekerjaan lain.

Fotografer
Jika anda punya passion yang tinggi dalam hal potret memotret, profesi fotografer bisa menjadi pilihan anda.

Sekretaris
Sekretaris ataupun petugas administrasi melakukan tugas seperti penyusunan pesan, penjadwalan rapat, dan memberikan dukungan untuk staf kantor lainnya.

Asisten paralegal
Paralegal dan asisten hukum melakukan berbagai pekerjaan untuk mendukung pengacara, termasuk memelihara dan mengatur file, melakukan penelitian hukum, dan penyusunan dokumen. Gelar sarjana atau sertifikat dalam studi paralegal biasanya diperlukan untuk calon entry level.

Supervisor di Hotel
Profesi ini juga tidak memerlukan gelar sarjana namu harus kamu tekuni dari tingkat bawah terlebih dahulu seperti misalnya menjadi pelayan. Walaupun menjadi pelayan kamu harus tekun dan terus belajar. Dari pelayan belajar mengetahui jenis-jenis masakan atau minuman hingga kamu menguasainya dan jika ada kesempatan promosikan diri kamu untuk pindah jabatan. Pengalaman kerja adalah segalanya dan manfaatkan itu untuk meningkatkan karir kamu.

Desainer
Untuk menjadi desainer, baik itu desainer mode ataupun atau desainer artistik di media, baik web maupun media cetak, yang dibutuhkan adalah keahlian dan portofolio karya. Cukup kursus agar mengerti lebih baik tentang teknis yang lebih rumit. Dan yang lebih diutamakan: bakat.

Teknisi
Dalam hal ini, mekanik atau teknisi bekerja mengontrol kualitas dari sistem permesinan yang tak rumit. Misalnya, sistem pendinginan di berbagai gedung, atau mekanik pada sistem perbengkelan kendaraan.

Produser Musik
Banyak yang menilai pemusik tak perlu duduk di bangku kuliah, karena mengandalkan talenta. Namun jika Anda memiliki sensitivitas pendengaran seperti Mozart dan merasa bisa mengatur sebuah proyek besar menjadi sebuah kesatuan, cobalah menjadi produser.

Produser musik ahli tata suara membutuhkan kemampuan menguasai alat-alat dan pengalaman, sedangkan produser eksekutif lebih mengatur bisnis, yang juga membutuhkan insting terhadap musik bagus dan artis yang berbakat. Selebihnya, faktor koneksi yang berperan dan faktor keberuntungan yang memihak Anda.

Tenaga survei
Tenaga survei bekerja untuk membuat pengukuran yang tepat, melakukan survei dan pemetaan, serta mengumpulkan data.

Asisten eksekutif
Asisten Eksekutif memberikan dukungan administrasi termasuk melakukan penelitian, pembuatan laporan, penanganan permintaan informasi, dan juga dapat mengatur panggilan rapat serta acara perusahaan.

Penulis Skenario
Maraknya sinetron belakangan ini, membuat banyak penulis skenario baru bermunculan. Jika anda suka menulis dan mempunyai imajinasi yang tinggi, anda bisa mencoba profesi ini.

Agen asuransi
Agen asuransi menjual produk perlindungan kesehatan, properti, otomotif. Menjadi agen asuransi menjanjikan penghasilan yang baik dan memungkinkan pengembangan karir.