Tips dan Trik Terbaru Membuat Paspor



Tips dan Trik Terbaru Membuat Paspor – Sebelumnya sudah di share bagaimana cara membuat paspor, baik secara online maupun dating langsung ke kantor imigrasi (Baca: Cara Terbaru Membuat Paspor Lengkap). Nah sekarng, akan dishare beberap tips dan trik saat ingin membuat paspor.

Berikut Tips dan Trik Terbaru Membuat Paspor

1.      Siapkan dokumen persyaratan
Siapkan dokumen yang diperlukan jauh jauh hari, baik itu yang dokumen asli maupun yang fotokopi. Untuk dokumen fotokopi anda bisa membuatnya lebih, hal ini untuk jaga kaga.. Lalu tempatkan pada map khusus, sehingga anda mudah mengeceknya dan tidak lupa untuk dibawa.

Fotokopi dokumen penting yang harus disiapkan adalah bukti domisili yaitu KTP dan Kartu Keluarga (KK). Walaupun kita bisa membuat paspor di kantor Imigrasi mana saja tak terkait tempat domisili, bukti domisili tetap diperlukan.

Dokumen lain yang dibutuhkan adalah bukti identitas diri, untuk menunjukan yang mengajukan paspor adalah orang yang bersangkutan atau yang diberi kuasa. Anda akan diminta akte kelahiran atau ijazah, surat nikah / akte perkawinan (bagi yang sudah menikah) atau surat baptis, surat keputusan ganti nama jika Anda berganti identitas, surat rekomendasi bagi pemohon yang berstatus karyawan/PNS/TNI. Jika Anda pelaut, diminta juga buku pelaut, dan crew list bagi ABK. Bawa juga paspor lama, jika Anda ingin membuat paspor baru. Paspor untuk anak, membutuhkan pula surat kuasa dari orang tua yang formulirnya tersedia di koperasi Imigrasi.

2.      Jangan mengajukan permohonan secara mendadak
Jika anda berencana akan berangkat keluar negeri bulan depan, jangan mengajukan permohonan paspor menjelang waktu keberangkatan. Anda tentu tidak mau rencana keluar negeri batal gara-gara ada masalah dalam proses pembuatan paspor. Siapkan paspor paling lambat sebulan sebelum keberangkatan.

2.      Datanglah pagi hari dan berpakaian rapi
Ada banyak banyak orang yang mempunyai tujuan yang sama dengan anda. Lebih baik anda datang pagi hari, sekitar pukul 07.00 WIB, walaupun kantor Imigrasi baru buka pukul 08.00 WIB. Hal ini dapat mempermudah anda untuk mendapat nomor antrean paling awal. Dengan berpakaian rapi, Anda akan lebih dihormati oleh petugas imigrasi.
   
3.      Siapkan alat tulis dan materai
Siapkanlah alat tulis dan juga materai dari rumah. Anda tentu tidak ingin waktu anda terbuang hanya untuk membeli alat tulis di kantor imigrasi bukan ?. Materai dibutuhkan jika Anda membuat surat kuasa untuk paspor anak, atau paspor untuk orang lain.

4.      Berikan data anda secara sah dan benar
Jujurlah dalam memberikan data untuk paspor dengan dokumen yang sah dan benar. Jika ada data yang harus diubah, misal anda pindah rumah, berikan alamat rumah yang terbaru. Hal ini akan berpengaruh bagi paspor Anda dalam jangka panjang, sehingga tidak repot untuk gonta-ganti data di paspor.
   
5.      Hindari calo
Penggunaan calo dalam membuat paspor tidak hanya akan membuat anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak, tapi juga akan membuat anda was was. Biaya membuat paspor tidaklah seberapa, hanya Rp 200.000 untuk buku paspor 48 halaman. Proses pembuatan paspor pun tidak lama hanya sekitar 7 hari kerja.

6.      Jangan malu bertanya saat mau antri
Terkadang – tergantung kantor imigrasinya – anda harus ambil nomer antrian saat mau menyerahkan berkas, jadi tanya orang sekitar sebelum antri, apakah menggunakan nomor antrian atau tidak.

7.      Gunakan perwakilan
Ambil formulir dan memasukkan berkas bisa diwakilkan ke orang lain, baik itu diwakilkan ke office boy, asisten, teman atau saudara. Ini terutama bila kita mau urus paspor untuk orang tua (sepuh) atau anak kecil. Pengambilan formulir paspor dan penyerahan berkas diwakilkan saja. Orang tua / anak cukup datang saat foto, wawancara dan sidik jari.

8.      Simpan tanda terima dengan baik
Biasanya setelah pemberian berkas sudah selesai, anda akan diberi tanda terima untuk melakukan proses selanjutnya (wawancara dan foto). Simpan tanda terima tersebut, jangan keselip atau ketlisut, sehingga anda bisa menyelesaikan proses selanjutnya sesuai tanggal secara efisien.

9.      Siapkan makanan dan hiburan
Siapkan minuman, makanan, bacaan ataupun gadget yang fullcharge. Hal ini perlu dillakukan agar stamina tetap fit selama proses pembuatan paspor.

10.  Cek kepastian paspor
Anda akan diberi tahu oleh petugas tanggal selesai paspor anda. Ada baiknya jika anda cek terlebih dahulu kepastian paspor sebelum datang ke kantor imigrasi. Anda bisa mengeceknya melalui

http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp.

Atau melalui SMS. SMS di 081230056677, formatnya PASPOR_nomor permohonan (contoh: PASPOR 100000285966). Nanti anda akan menerima SMS balasan mengenai status paspor anda.

11.  Manfaatkan layanan online www.imigrasi.go.id
Kunjungi situs tersebut untuk menambah pengetahuan dan memberikan kemudahan bagi anda untuk membuat paspor. Situs resmi imigrasi memberikan aneka informasi soal paspor, visa dan izin tinggal.