10 Orang Terkaya Terbaru 2013 di Dunia dan Indonesia



10 Orang Terkaya Terbaru 2013 di Dunia dan Indonesia – Belum lama ini telah dirilis daftar orang kaya di dunia, termasuk di Indonesia. Sumbernya, apalagi kalau bukan majalah ternama Forbes. Selain Forbes, majalah dari China Hurun Report juga mengeluarkan data orang terkaya di dunia. Apakah sama daftarnya ?

Berikut  10 Orang Terkaya Terbaru 2013 di Dunia dan Indonesia

MAJALAH FORBES

10 Orang Terkaya Terbaru 2013 di Dunia

1.      Carlos Slim Helu and Family
Carlos Slim Helu masuk peringkat teratas orang terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut. Lonjakan kekayaannya terdorong harga saham pada perusahaannya, Grupo Financiero Inbursa, dan industri ritel raksasanya Grupo Carso.

2.      Bill Gates
Bill Gates, menjadi orang terkaya dan paling dermawan di dunia. Gates telah memberikan lebih dari $ 28 miliar untuk  Bill & Melinda Gates Foundation. Kekayaan bersih Gates meningkat US$ 6 miliar menjadi $ 67 miliar pada tahun lalu, tanpa bantuan dari perusahaan yang ia dirikan, Microsoft, di mana ia masih memiliki 5% saham.

Sebagian besar kekayaannya hari ini tersebar di ekuitas swasta, obligasi, dan saham perusahaan seperti perusahaan Ecolab, perusahaan televisi Mexican Televisa, dan perusahaan minuman terbesar Amerika Latin  FEMSA.

3.      Amancio Ortega
Ortega menjadi pemenang terbesar karena berhasil menambahkan US$ 19,5 miliar kekayaannya dalam satu tahun.Dia berhasil menggeser posisi Warren Buffet sebagai orang terkaya ketiga di dunia. Ia menguasai hampir 60% saham perusahaan tekstil Inditex, yang naik lebih dari 50%.

Perusahaan, yang beroperasi dengan berbagai merek termasuk Zara, Massimo Dutti dan Stradivarius, memiliki hampir 5.900 toko di 86 negara.

4.      Warren Buffet
Meski kalah dari Amancio Ortega, Buffet tetap masuk jajaran orang terkaya dunia. Kekayaannya bertambah US$ 9,5 miliar. Pada bulan Februari, Buffett mengumumkan perjanjian kesepakatan modal dengan 3G, perusahan asal Brasil milik miliarder Jorge Paulo Lemann.

Kesepakatan ini untuk membeli saham perusahaan saus dan kecap HJ Heinz Co senilai US$ 23,2 miliar.

5.      Larry Ellison
Orang kelima terkaya di dunia ini berhasil meningkatkan kekayaannya US$ 7 miliar karena terdorong lonjakan lebih dari 20% nilai saham Oracle.

6.      Charles Koch
Nilai kekayaan : US$34 miliar. Sumber pendapatan : beragam. Asal negara : Amerika Serikat

7.      David Koch
Charles Koch dan saudaranya David Koch bersama-sama memiliki 84% Koch Industries, perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika. Forbes memperkirakan penjualan perusahaan tersebut mencapai US$ 115 miliar, naik dari tahun lalu US$ 100 miliar. Kekayaan kedua saudara ini masing-masing naik US$ 9 miliar.

8.      Li Ka-Shing
Sekali lagi, Li Ka-shing menjadi orang terkaya di Asia dan satu-satunya yang masuk jajaran 20 besar di dunia. Kekayaannya melonjak $ 5,5 miliar menjadi $ 31 miliar, terdorong harga saham miliknya yang semuanya naik 10% bahkan lebih.

9.      Liliane Bettencourt & Family
Liliane Bettencourt merupakan ahli waris LOreal yang menderita demensia. Dia merupakan wanita terkaya di dunia, berkat peningkatan 30% dalam nilai saham perusahaan kosmetik Perancis tersebut senilai $ 6 miliar.

10.  Bernard Arnault & family
Bernard Arnault & family mengendalikan perusahaan fashion seperti Louis Vuitton dan Bulgari. Namun, dia harus merosot dari posisi sebelumnya orang terkaya keempat di dunia menjadi ke-10 karena berbagai permasalahan terkait kepemilikan saham. 

10 Orang Terkaya Terbaru 2013 di Indonesia

1.      R Budi Hartono
R. Budi Hartono lewat 2 perusahaan raksasa di Indonesia, BCA dan Djarum, masuk ke daftar orang terkaya di dunia tahun 2012 di posisi 146 dengan kekayaan mencapai $6,5 miliar.

2.      Michael Hartono
Michael Hartono adalah saudara dari R. Budi Hartono. Perusahaan yang ia jalankan sama dengan saudaranya. Dengan kekayaan hingga $6,3 miliar, ia menempati posisi 157 di daftar ini.

3.      Low Tuck Kwong
Low Tuck Kwong merupakan pengusaha batu bara yang lahir di Singapura. Dengan perusahaan Bayan Resources, Low Tuck Kwong menempati posisi urutan 304 dengan nilai total kekayaan mencapai $3,6 milliar.

4.      Martua Sitorus
Martua Sitorus yang baru-baru ini disebut akan diperiksa PPATK terkait dugaan penunggakan pajak masuk dalam daftar orang terkaya di dunia pada posisi 377 dengan total kekayaan mencapai $ 3 miliar lewat perusahaan Wilmar International.

5.      Sukanto Tanoto
Sukanto Tanoto amat sukses dengan bisnis Raja Garuda Mas-nya. Dengan kekayaan kurang lebih $2,8 miliar, ia mendapat urutan 418 di daftar keluaran Forbes.

6.      Peter Sondakh
Peter Sondakh yang merupakan pendiri perusahaan raksasa Rajawali Group berhasil masuk ke daftar Forbes tahun ini dengan kekayaan mencapai $2,6 miliar. Peter menempati posisi 464 dalam daftar.

7.      Achmad Hamami dan keluarga
Achmad Hamami merupakan mantan anggota TNI yang sukses dalam dunia bisnis lewat perusahaan Trakindo. Bersama keluarganya, Achmad masuk ke dalam daftar Forbes di posisi 578 dengan nilai kekayaan $2,2 miliar.

8.      Sri Prakash Lohia
Nilai kekayaan pendiri Indorama sebesar $2 miliar membuatnya menempati posisi nomor 634 di daftar orang terkaya di dunia keluaran Forbes tahun 2012.

9.      Chairul Tanjung
Chairul Tanjung lewat perusahaan CT Group mencatatkan diri dalam daftar Forbes di urutan yang sama dengan Sri Prakash Lohia karena total kekayaan yang sama yaitu $2 miliar. Dua stasiun TV terbesar di Indonesia, Trans TV dan Trans7 dimiliki oleh pengusaha lulusan fakultas kedokteran gigi ini.

10.  Kiki Barki
Kiki Barki dengan Harum Energy berhasil masuk ke jajaran top orang terkaya di Indonesia dengan nilai total kekayaan mencapai $1,7 miliar.

MAJALAH HURUN REPORT (CHINA)

10 Orang Terkaya Terbaru 2013 di Dunia

1.      Carlos Slim Helu
Carlos yang merupakan pengusaha telekomunikasi asal Meksiko ini disebut mempunyai kekayaan US$ 66 miliar atau Rp 627 triliun.

2.      Warren Buffet
Buffet yang merupakan pengusaha asal AS ini disebut mempunyai kekayaan senilai US$ 58 miliar atau Rp 551 triliun. Baru-baru ini, Buffet membeli perusahaan saus tomat yaitu Heinz dengan nilai Rp 266 triliun.

3.      Amancio Ortega
Ortega merupakan pengusaha asal Spanyol yang terkenal dengan jaringan ritel Zara, yang juga meramaikan setiap mal di Jakarta. Nilai kekayaan Ortega disebut US$ 55 miliar atau sekitar Rp 522,5 triliun

4.      Bill Gates
Gates terkenal sebagai pemilik perusahaan teknologi raksasa Microsoft asal AS. Saat ini jumlah kekayaan Gates disebut senilai US$ 54 miliar atau Rp 513 triliun.

5.      Bernard Arnault
Bernard merupakan pemilik merek mewah asal Prancis yaitu LVMH atau Louis Vuitton. Jumlah kekayaan Bernard adalah US$ 51 miliar atau sekitar Rp 494,5 triliun.

6.      Larry Ellison
Ellison yang merupakan pemilik Oracle perusahaan yang bergerak di bidang teknologi AS disebut memiliki kekayaan US$ 43 miliar atau Rp 408,5 triliun.

7.      Li Ka-Shing
Li Ka-Shing merupakan konglomerat asal Hong Kong. Ka-Shing disebut memiliki kekayaan senilai US$ 32 miliar atau sekitar Rp 304 triliun.

8.      Charles dan David Koch
Charles merupakan pemilik salah satu perusahaan swasta terbesar di AS yaitu Koch Industries. Pria ini disebut mempunyai kekayaan US$ 31 miliar atau Rp 294,5 triliun.

9.      Liliane Bettencourt
Liliane merupakan pemilik perusahaan kosmetik L'Oreal asal Prancis yang sudah mendunia. Wanita ini disebut memiliki kekayaan US$ 30 miliar atau Rp 285 triliun.

10 Orang Terkaya Terbaru 2013 di Indonesia

1.      Michael dan R. Budi Hartono
Melalui bisnis inti Bank Central Asia (BCA). Hurun mencatat, jumlah kekayaan Michael dan R. Budi Hartono mencapai US$ 7,1 miliar atau sekitar Rp 67,4 triliun. Usaha bank dan rokok menjadi bisnis kunci dari kedua pengusaha tersebut.

2.      Chairul Tanjung
Chairul Tanjung melalui CT Corp menempati posisi kedua dengan kekayaan mencapai US$ 3 miliar atau Rp 28,5 triliun. Hurun mencatat, pria yang akrab disapa CT ini memiliki dua fokus usaha yakni industri entertainment dan investasi. Pria berusia 51 tahun ini menurut Hurun, mengembangkan bisnisnya secara individual.

3.      Achmad Hamami dan Keluarga
Achmad Hamami melalui perusahaan investasinya yaitu ABM Investama, menempati posisi ketiga dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 19,9 triliun.

ABM Investama terus berekspansi di bidang pertambangan khususnya batubara. ABM Investama merupakan perusahaan tercatat di bursa saham Indonesia dengan kode saham ABMM di BEI.

4.      Low Tuck Kwong
Low Tuck Kwong mendirikan perusahaan tambang batubara bernama Bayan Resources. Perusahaan tambang berkode emiten BYAN ini membawa Low Tuck Kwong berada di posisi ke-4 orang terkaya di Indonesia.

Low Tuck Kwong tercatat memiliki kekayaan hingga US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 17,1 triliun.

5.      Peter Sondakh
Peter Sondakh melalui Golden Energy Mines menempati posisi kelima. Dengan kekayaan US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 16,2 triliun. Peter Sondakh juga bergerak di bidang investasi.

6.      Kiki Barki
Pemilik perusahaan Harum Energy ini memiliki kekayaan hingga US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 14,2 triliun. Pria berusia 74 tahun ini berada di posisi 6 orang terkaya di Indonesia versi Hurun.

7.      Murdaya Poo
Murdaya Poo memiliki kekayaan US$ 1,4 miliar atau Rp 13,3 triliun. Murdaya memiliki bisnis di bidang investasi Central Cipta Murdaya. Fokus bisnis keduanya bergerak di bidang entertainment.

8.      Edwin Soeryadjaya
Pendiri Adaro Energy dan Saratoga ini disebut Hurun memiliki kekayaan hingga US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 10,4 triliun. Ia berada di peringkat delapan orang terkaya di Indonesia.

9.      Tahir
Melalui Mayapada dan perusahaan real estatenya, Tahir berada di peringkat sembilan orang terkaya di Indonesia. Hurun mencatat, pria berusia 61 tahun ini memiliki harta kekayaan hingga US$ 1 miliar atau sekitar Rp 9,5 triliun.

10.  Theodore Rachmat
Theodore Rachmat merupakan rekan kerja Edwin Soeryadjaya yang berada di peringkat 10 orang terkaya di Indonesia. Melalui Adaro Energy, Theodore Rachmat memiliki harta kekayaan hingga US$ 1 miliar atau Rp 9,5 triliun.