11 Jurusan Kuliah Terbaik dan Menjanjikan 2013



11 Jurusan Kuliah Terbaik dan Menjanjikan 2013Ada beberapa masalah yang sering dihadapi calon mahasiswa ketika ingin melanjutkan jenjang pendidikannya ke universitas atau perguruan tinggi, salah satunya adalah menentukan jurusan kuliah. Tidak sedikit mahasiswa yang berhenti di tengah semester gara gara tidak cocok dengan jurusan kulaih yang dipilihnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Hal pertama dan utama yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan kuliah adalah minat dan orientasi anda dalam kuliah nanti, apakah anda kuliah karena ingin meningkatkan ilmu hobi anda atau anda kuliah hanya karena ingin mudah mendapatkan pekerjaan.

Jika yang pertama menjadi alasan anda, mungkin anda tidak akan sulit menentukan jurusan kuliahnya, namun jika yang kedua menjadi alasan anda, mungkin anda akan menemukan sedikit kesulitan dalam menentukan jurusan kuliahnya. Tapi jangan khawatir, 11 jurusan kuliah berikut ini mungkin bisa menjadi referensi anda dalam menentukan jurusan kuliah anda.

Berikut 11 Jurusan Kuliah Terbaik dan Menjanjikan 2013

1.      Jurusan Teknik Informatika
Alasan utama dari aku tetapkan jurusan TI sebagai Jurusan Kuliah terbaik ialah karena admin blog ini dulunya berkuliah di jurusan TI dan merasakan betul dampak dari berkuliah dari jurusan TI yakni bisa lebih mengetahui perkembangan teknologi sekarang bahkan bisa meraih penghasilan lewat dunia maya bahkan pernah bekerja di Perusahaan Besar di Indonesia.

2.      Jurusan Kuliah Pendidikan
Menurut hasil survei bahwa sekitar 94,8 persen alumni dari lulusan sarjana pendidikan langsung bekerja sesaat setelah lulus dari perguruan tinggi.

3.      Jurusan Kuliah Farmasi
Lowongan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini juga terbukti sangat menjanjikan. Sekitar 94 persen alumni jurusan ini, khususnya dalam bidang biomedis serta neurologi akan cepat memperoleh pekerjaan setelah lulus.

4.      Jurusan Kuliah Hukum
Bila Anda adalah seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah dan dengan gaji yang sangat sesuai, maka sebagai pilihannya adalah jurusan fakultas hukum. Sudah bukan rahasia lagi, para alumni lulusan ini mudah mencari kerja. Menurut survei, 91,9 persen lulusan Hukum di tahun 2010/2011 langsung bekerja setelah lulus.

5.      Jurusan Kuliah Pertanian
Meski sering dianggap kurang elit pada perguruan tinggi, tetapi pada dewasa ini keberadaan pertanian dan bidang lain yang terkait memiliki lapangan kerja yang luas dan ilmu yang berguna secara langsung. Menurut survei bahwa sekitar 91,3 persen sarjana yang lulus pada tahun 2010/2011 menemukan bekerja hanya dalam enam bulan setelah lulus.

6.      Jurusan Kuliah Biologi
Banyak bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan jurusan ini, apalagi yang terkait bioteknologi dan industri terkait yang kini tengah booming. Tercatat, sekitar 90,9 persen sarjananya segera memperoleh pekerjaan atau melanjutkan studi setelah lulus.

7.      Jurusan Kuliah Bahasa
Kemampuan untuk berbicara dalam bahasa asing merupakan kemampuan yang sangat berharga dalam bursa lapangan kerja dewasa ini. Pada rentang waktu 2010/2011, sekitar 90,3 persen lulusan Bahasa bekerja sesaat setelah lulus.

8.      Jurusan Kuliah Sejarah dan Filsafat
Kehadiran dua jurusan ini dinilai mengejutkan. Pasalnya, sekitar 90,1 persen lulusannya juga telah menemukan pekerjaan atau meneruskan studi ke jenjang yang lebih tinggi hanya dalam 6 bulan. Mereka kerap menyingkirkan pencari kerja lainnya dalam lapangan kerja umum, bahkan yang berasal dari jurusan Teknik, Arsitektur, dan Ilmu Komputer.

9.      Jurusan Kuliah Matematika
Para lulusan Matematika terkenal banyak dicari di lapangan pekerjaan. Menurut survei ini, sebanyak 89,9 persen alumni jurusan Matematika yang lulus tahun 2010/2011 juga sudah mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi paling tidak 6 bulan setelah lulus.
10.  Jurusan Kuliah Fisika
Sekitar 89,9 persen dari seluruh sarjana Ilmu Fisika di rentang waktu 2010-2011 menemukan pekerjaan atau melanjutkan studi mereka paling lambat 6 bulan setelah lulus.

11.  Jurusan Kuliah Kedokteran
Kebanyakan lulusan dari kedokteran memang dikenal cepat memperoleh pekerjaan begitu lulus. Survei menunjukkan sekitar 99,4 persen para lulusan kedokteran mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi paling tidak 6 bulan setelah lulus.