7 Tips Agar Menemukan Ide Saat Bekerja


7 Tips Agar Menemukan Ide Saat Bekerja – Kreatifitas merupakan salah satu hal yang penting dalam pekerjaan, namun adakalanya kita mengalami kesulitan untuk mendapatkannya. Ide ide segar dan brilian susah untuk keluar dari kepala kita. Bagaimana cara mengatasinya ?

Berikut 7 Tips Agar Menemukan Ide Saat Bekerja

1.      Brainstorm
Ajak bicara rekan kerja Anda mengenai pekerjaan masing-masing. Siapa tahu, pembicaraan itu membawa Anda pada ide untuk diterapkan pada proyek Anda. Jika Anda memang bekerja di bidang yang sama, tak ada salahnya bertukar pikiran..

2.      Catat dan Gambarkan
Catatlah berbagai macam ide yang ada di kepala Anda. Tak peduli ide tersebut penting atau tidak, Anda perlu menuliskannya di buku agenda kerja. Dengan cara seperti ini, Anda bisa memilah-milah kembali mana ide yang paling brilian untuk bisa dikembangkan. Anda juga bisa membuat sketsa atau menggambar apa yang ada dipikiran. Cara tersebut juga terkadang bisa membantu Anda lebih memahami ide.

3.      Lakukan Hal yang Baru
Pilih jalan pergi atau pulang kantor yang berbeda, dengarkan musik yang sebelumnya tidak pernah Anda dengarkan, atau baca buku yang dulu tidak menarik minat Anda.

4.      Bergeraklah
Saat merasa stuck dengan ide di kantor, jangan hanya diam saja. Anda bisa pergi ke luar kantor saat jam istirahat untuk sekadar menenangkan pikiran dan mencari udara segar. Cara ini bisa membantu Anda supaya lebih fokus, serta pikiran pun akan kembali fresh.

5.      Rubah tempat kerja
Tempat kerja bisa menjadi penghalang, bagi sebagian tipe kepribadian seseorang, terkadang tempat kerja yang berantakan dan kacau maka akan menyebabkan gangguan yang tidak kondusif untuk akan mematikan kreatifitas anda.

Lengkapi tempat Anda bekerja dengan benda-benda yang membuat Anda bahagia. Anda dapat memasang foto, atau aroma, objek yang mengilhami, atau apapun yang bisa memancing kreativitas Anda.

6.      Kumpulkan Inspirasi
Milikilah sebuah notes yang menampung ide-ide atau tandai video atau quote di internet di laptop atau ponsel kapan pun Anda menemukan mereka. Saat sedang buntu, Anda bisa kembali membuka-buka untuk menemukan inspirasi.

7.      Rileks
Bos maupun karyawan juga hanya manusia biasa yang bisa lelah kapan saja. Jika Anda di kantor merasa sangat lelah, ambilah waktu istirahat sejenak dan rileks. Daripada memaksakan diri dan otak Anda untuk berpikir terus-menerus. Sebab, ketika Anda sudah mengambil waktu untuk beristirahat dan rileks, Anda bisa kembali berpikir secara jernih saat mulai bekerja kembali.