Inilah Hasil KLB PSSI 17 Maret 2013



Inilah Hasil KLB PSSI 17 Maret 2013 – Walaupun sempat diwarnai kericuhan, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta akhirnya dapat berjalan dan menghasilkan beberapa keputusan dan kesepakatan.

Menpora Roy Suryo yang turut hadir dalam KLB PSSI tersebut menyatakan keyakinannya bahwa suksesnya penyelenggaraan Kongres Luar Biasa PSSI dan tercapainya berbagai kesepakatan di dalam kongres membuat ancaman sanksi FIFA kini tak lagi membayangi persepakbolaan Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin. "Mereka (perwakilan FIFA dan AFC) merasa sangat sangat puas sekali dengan hasil ini dan memberitahukan lebih awal kepada kami bahwa Insya Allah Indonesia akan bebas dari sanksi FIFA," terang Djohar.

Berikut Hasil KLB PSSI 17 Maret 2013

1.      Unifikasi Liga
KLB PSSI sepakat untuk dilakukan unifikasi liga. Berikut poin utama mengenai unifikasi liga:
- Unifikasi liga akan dimulai pada tahun 2014, sementara pada tahun 2013 Indonesian Super League (ISL) dan Indonesian Premier League (IPL) masih akan berjalan sendiri-sendiri.
- Peserta kasta teratas liga profesional pada tahun 2014 berasal dari 18 klub ISL dan empat klub IPL.
- Pada tahun 2014 dan 2015 akan diberlakukan sistem dua promosi-empat degradasi, sehingga pada tahun 2016 hanya akan ada 18 klub peserta kasta teratas liga profesional. Mulai tahun 2016 dan seterusnya, akan diberlakukan sistem tiga promosi-tiga degradasi.
- Nama liga tetap Indonesian Super League.
- Pengelola liga tetap PT. Liga Indonesia.
- Liga Super dan Divisi Utama adalah liga profesional, sementara divisi di bawahnya adalah liga amatir.

2.      Struktur Kepengurusan PSSI
Salah satu hasil revisi statuta PSSI adalah perubahan struktur kepengurusan. Komite Eksekutif yang tadinya terdiri dari 11 orang (1 ketua, 1 wakil, dan 9 anggota) menggemuk menjadi 15 orang (1 ketua, dua wakil, dan 12 anggota).

Ketua umum tetap Djohar Arifin dan dua wakil ketua umum, yaitu La Nyalla Matalitti dan Farid Rahman. Sedangkan tambahan empat anggota exco baru yaitu, Zulfadli, Djamal Azis, La Siya, dan Hardi Hasan.

3.      KPSI Bubar
Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) resmi dibubarkan setelah empat anggota Exco yang sempat dipecat (La Nyalla Mattalitti, Robertho Rouw, Tony Aprilani, dan Erwin Dwi Budiawan) kembali ke tubuh PSSI.

4.      Penyelenggaraan Kongres biasa
 FIFA menyetujui bahwa kongres biasa dapat dilakukan setelah penyelenggaraan Kongres Luar Biasa hari ini. Nantinya kongres biasa ini akan mengakomodasi sentimen sentimen yang terjadi sepanjang KLB.