11 Tips Menjaga Kesehatan Mata


11 Tips Menjaga Kesehatan Mata – Pesatnya kemajuan di dunia teknologi saat ini tidak hanya membawa dampak positif tapi juga memberikan dampak negatif, salah satunya di bidang kesehatan. Terlalu lama menatap layar ponsel atau komputer bisa menimbulkan ketegangan pada mata.

Jika anda tidak mengistirahatkan mata dalam waktu yang cukup dan juga kurang asupan nutrisi, siap siap mata anda bisa bermasalah (Baca: Jenis Masalah Seputar Mata dan Cara Mengatasinya), seperti mata minus (Baca: Cara Mengobati Mata Minus), glaucoma dan lainnya.

Apabila itu terjadi, mau tidak mau anda perlu siapkan alat bantu untuk penglihatan mata anda, baik itu berupa kacamata atau lensa kontak (Baca: Mana yang Bagus LensaKontak atau Kacamata).

Berikut 11 Tips Menjaga Kesehatan Mata

1.      Nutrisi Lengkap
Penglihatan akan bertambah baik apabila Anda mengonsumsi nutrisi yang sehat dan seimbang. Cukupi asupan protein, vitamin dan mineral setiap harinya yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Bayam, wortel dan tomat adalah beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi. Sementara untuk protein sehat, Anda bisa mendapatkan dari kacang-kacangan atau ikan.

2.      Tinggalkan Kebiasaan Buruk
Beberapa kebiasaan buruk bisa membuat mata tegang dan mengurangi penglihatan. Hindari membaca di tempat yang kurang cahaya. Sebaiknya tidak menonton TV sambil tiduran dan di ruang yang gelap. Biasakan juga tidak menatap layar ponsel di tempat gelap karena akan membuat mata bekerja lebih keras untuk beradaptasi dengan cahaya terang.

3.      Istirahatkan mata
Usahakan mengistirahatkan mata anda, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop yang anda miliki. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.

4.      Jangan merokok
Para ilmuwan mengatakan, merokok dapat membuat mata katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), serta kerusakan saraf pada mata. Dan terlalu banyak minum alkohol dapat membuat reaksi pupil jadi tidak stabil, pandangan kabur hingga rabun mata.

5.      Gunakan pelindung mata
Kacamata bisa dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu saat berolahraga atau aktivitas lainnya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga tertentu untuk menghindari terjadinya cedera mata. Jadi, hindarilah penggunaan sunglasses hanya karena ingin bergaya.

6.      Jangan Minum Terlalu Banyak Air di Pagi Hari
Dr. Bharti Medical Director Barthi Group of Eye Hospitals menjelaskan, "Kesalahan kedua terbesar yang orang lakukan adalah minum banyak air di pagi hari, karena banyak ditulis dalam buku bisa membersihkan sistem pencernaan."

Tapi minum terlalu banyak air putih sekaligus bisa meningkatkan ketegangan pada mata dan bila dilakukan terus menerus akan meningkatkan risiko Glaukoma (kebutaan secara perlahan). Cukup minum segelas air putih di pagi hari dan minumlah seteguk demi seteguk. Jangan sekaligus.

7.      Pemeriksaan mata secara rutin
Seringkali manusia modern tidak menyadari bahwa stres karena sebuah pekerjaan dapat berdampak ke mata yang tidak sehat. Maka dari itu, perisakanlah mata anda secara rutin agar terhindar dari penyakit yang mungkin menyerang mata.

8.      Penggunaan Eyeliner
Berhati-hatilah dalam menggunakan eyeliner. Eyeliner sebaiknya hanya digunakan di luar garis mata, bukan di dalam. Hal ini untuk menghindari mata terkena infeksi jika ujung eyeliner tidak higienis. Maka dari itu jaga selalu kebersihan alat make up Anda. Bersihkan ujung eyeliner dengan tisue, atau raut secara berkala jika eyeliner Anda berbentuk pensil.

9.      Jangan Bersihkan Mata dengan Air Biasa
Saat mencuci muka, biasanya Anda juga akan memercikkan air ke mata. Stop kebiasaan itu dari sekarang. Air kran atau air tanah mungkin saja mengandung bakteri yang bisa masuk ke mata saat Anda membersihkan wajah. Hal ini bisa menyebabkan iritasi. Tutuplah mata saat membasuh wajah dengan air, kecuali Anda menggunakan air mineral yang sudah disterilkan.

10.  Senam Mata
Bagaimana cara melakukan senamnya? gampang kok. Buka lebar-lebar kedua mata Anda. Lalu , putar bola mata ke atas, bawah, kiri, dan kanan selama dua detik dan tutup mata secara perlahan. Ulangi beberapa kali saat Anda sedang santai. Hal ini dapat mengurangi dampak mata stres karena radiasi sinar matahari atau komputer.

Untuk lengkapnya mengenai senam mata, anda bisa download di ‘LatihanSenam Mata”.

11.  Jangan mengucek
Jangan menggosok atau mengucek mata bila ada benda asing yang masuk ke mata atau mata terasa gatal. Hal ini akan mengakibatkan bakteri akan lebih masuk kedalam, terlebih jika tangan anda belum dicuci bersih.



Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Kesehatan / Tips
Judul : 11 Tips Menjaga Kesehatan Mata
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2013/04/11-tips-menjaga-kesehatan-mata.html.