Inilah 7 Tanda Gadget Android Terkena Malware


Inilah 7 Tanda Gadget Android Terkena Malware - Kesuksesan OS Android di dunia gadget ternyata membawa efek negatif tersendiri. Kebijakan PlayStore yang relatif kendor, membuat peredaran malware di Android semakin meningkat (Baca: Kelebihan dan Kekurangan Android).

Berdasarkan data dari perusahaan keamanan mobile NQ, tahun lalu perangkat Android yang terkena malware meningkat sangat tajam dari yang sebelumnya 10,8 juta di tahun 2011 (Baca: Virus dan Malware di Android Meningkat) menjadi 32,8 juta perangkat di tahun 2012.

Agar terhindar dari malware. selain harus pasang antivirus (Baca: Daftar Antivirus Terbaik untuk Android) dan menjalankan aplikasi (Baca: 12 Aplikasi Android Terbaik) dari sumber yang jelas, ada baiknya anda juga harus tahu ciri ciri atau tanda perangkat Android yang terkena malware, sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Berikut 7 Inilah Tanda Gadget Android Terkena Malware

1.      Baterai Boros
Android Anda tak banyak dipakai, namun baterainya mudah terkuras. Malware biasanya secara misterius menguras baterai lebih cepat dibanding biasanya. Itu biasanya karena adware, malware serupa spam.

2.      Muncul tampilan aneh
Kerja tiap jenis aplikasi malware berbeda beda, salah satunya adalah dengan menampilkan beragam iklan.

3.      Ponsel Mati Mendadak atau Banyak Gangguan
Malware dapat mempengaruhi panggilan yang sedang berlangsung atau yang masuk. Ponsel yang mati mendadak atau panggilan putus tanpa sebab yang jelas bisa jadi karena tiga hal: jaringan operator Anda buruk, ponsel Anda disadap, atau karena malware.

4.      Notifikasi palsu
Hati hati terhadap notifikasi yang mengharuskan anda mendownload sebuah aplikasi. Biasanya aplikasi yang terkangkit malware akan meminta anda untuk mendowload aplikasi lain sebagai penopangnya.

5.      Tagihan Telepon Bengkak
Inilah yang diakibatkan oleh malware pencuri pulsa dengan berbagai macam tekniknya, seperti mengirim SMS ke nomor dengan tarif premium. Memasang aplikasi pengukur kuota data bisa menunjukkan apabila sebuah perangkat telah disusupi malware, sekaligus mencegah kelebihan konsumsi data lewat penggunaan sehari-hari.

6.      Konsumsi Data Membengkak
Malware sering menyusupi konsumsi data Internet perangkat Android. Periksa tagihan langganan data Anda. Perubahan yang mencolok, baik dalam mengunduh maupun mengunggah, bisa menjadi tanda bahwa ada pihak lain yang mengontrol perangkat Anda. Pakailah aplikasi pemantau data untuk mengukur konsumsi data Anda.

7.      Performa menurun
Tergantung pada spesifikasi hardware perangkat yang bersangkutan, malware bisa membuat kinerja turun drastis. Pengguna PC yang pernah mengalami infeksi virus kelas berat tentu familier dengan gejala yang satu ini. Cara memeriksanya bisa dengan melihat konsumsi RAM atau load prosesor yang tidak wajar.

Bagaimana jika perangkat Android anda sudah terkena ? Hal pertama yang harus anda lakukan adalah hapus aplikasi yang sering rewel. Biasanya aplikasi ini yang disusupi malware. Bahkan, walau aplikasi sudah dihapus, malware mungkin masih ada.

Langkah kedua adalah menyetel ulang ponsel Anda (reset). Masuk ke menu setting, lalu pilih reset as default alias mengembalikan pengaturan seperti pengaturan dari pabriknya. Reset ini akan menghapus memori perangkat dan aplikasi Anda.