Inilah Perbandingan Kakao Talk, Whatsapp, Line dan WeChat

Inilah Perbandingan Kakao Talk, Whatsapp, Line dan WeChat – Banyaknya instant messaging dengan lintas platform belakangan ini tidak hanya membuat para pengguna gadget bisa lebih mudah berkomunikasi tapi juga semakin membuat bingung.

Anda tentu kenal WhatsApp, Kakao Talk, Line dan WeChat ? Ya, di artikel sebelumnya sudah membahas beberapa dari layanan tersebut, tapi pertanyaannya, manakah yang terbaik ? Yuk kita bahas.

1.      WhatsApp
Di antara layanan instant messaging yang disebutkan diatas, mungkin WhatsApp yang pertama populer di Tanah Ait. Kemunculanna bahkan digadang gadang sebagai BBM killer. Apa sebab ? Apalagi kalau bukan WhatsApp bisa digunakan hampir di semua OS, beda dengan BBM yang hanya bisa di platform Blackberry saja.

WhatsApp dibesut oleh mantan punggawa Yahoo Brian Acton dan Jan Koum yang berbasis di California, Amerika Serikat. Aplikasi ini secara umum berbayar, dimana pada awalnya pelanggan disuruh membeli lisensi dalam jangka waktu tertentu.

Secara keseluruhan, antara BBM dengan WhatsApp tidak jauh berbeda. Hanya bisa saling bertukar pesan, gambar, suara dan membuat grup chatting. Karena fitur standarnya tapi bisa lintas smartphone, banyak pengguna yang beralih dari BBM ke WhatsApp.

Kelebihan WhatsApp
WhatsApp terletak pada antarmuka dan fungsi yang standar. Sehingga siapapun bisa dengan mudah menggunakannya, termasuk kalangan pebisnis yang tak ingin layanan macam-macam.

Kekurangan WhatsApp
- Fitur yang hanya standar
- WhatsApp terkadang harus membayar untuk jangka waktu tertentu.
- Belum ada layanan VoIP.

Platform
Android, iOS, BlackBerry, Symbian, S40, BlackBerry OS, BlackBerry 10 dan Windows Phone.

2.      Line
Layanan ini dikembangkan di Jepang. Berbeda dengan WhatsApp, aplikasi Line dilengkapi dengan sticker, semacam animasi yang sengaja dibuat lucu dan menggemaskan.

Selain menawarkan instant messaging, Line juga menawarkan fitur calling di aplikasinya. So pengguna bisa menelpon sesama anggota Line dengan berbasis VoiP (Voice Internet Protocol).

Kelebihan Line
- Tak hanya sekedar bertukar pesan tertulis. Pengguna pun bisa berbagi sticker. Termasuk saat beralih ke PC.
- Fitur timeline. Anda bisa menuliskan segala aktivitasnya layaknya di Facebook.
- Bisa main game secara bersamaan.

Kekurangan Line
Pengguna bisa dengan mudah meng-add akun Line, tanpa perlu di-approve. Hal ini membuat pengguna lain sedikit tidak nyaman, walau setelah itu bisa diblok.

Platform
iOS, Android dan BlackBerry.

3.      WeChat
Walaupun belum memiliki emoticon seaktraktif line, namun fitur seperti berbagi pesan, VoiP dan emoticon sudah tersedia di WeChat. Aplikasi yang dikembangkan di China ini langsung mencuri pengguna smartphone karena fiturnya yang diklaim oleh pihat WeChat sebagai yang terlengkap.

Kelebihan WeChat
- Fitur Look Around. Fitur ini memungkinkan pengguna mencari sesama pengguna WeChat di lokasi tempatnya berada.
- Switch ke PC yang mudah. Cukup dengan scan QR code pengguna langsung switch ke PC.

Kekurangan WeChat
- Belum tersedia sticker atau emoticon yang atraktif.
- Saat chat dengan group hanya foto yang ditampilkan.

4.      Kakao Talk
Walaupun sudah lama populer di negara asalnya Korea, namun di Tanah Air aplikasi Kakao Talk baru populer balakangan ini, setelah gencar beriklan di TV melalui artis lokal Serina. Sama seperti Line, Kakao Talk memiliki sticker sticker lucu untuk dibagi, namun di Kakao Talk stickernya bercitarasa lokal.

Kelebihan Kakao Talk
- Bisa menelpon gratis atau group chat sesama akun dengan jumlah sangat banyak
- Item seperti sticker atau emticon pun bisa dijajal sebelum dibeli.

Kekurangan Kakao Talk
Bagi sebagian orang emoticon di Kakao Talk kurang ekspresif. Apalagi fitur yang ditawarkan juga nanggung, tidak sedikit tapi tidak banyak juga.

Bagaimana ? Anda bisa ikut polling di bawah ini untuk menentukan aplikasi mana yang terbaik. 



Aplikasi Mana yang Anda Sukai ?

WhatsApp0%
Line0%
WeChat0%
Kakao Talk0%
BBM0%
Lainnya0%