Mana yang Bagus, Lensa Kontak atau Kacamata ?


Mana yang Bagus, Lensa Kontak atau Kacamata ? – Buat orang yang memiliki kelainan refraksi pada mata yang mengakibatkan rabun, bisa dibantu dengan lensa kontak atau kacamata. Kedua alat bantu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Lalu mana yang lebih sehat ?

Beberapa orang mempunyai keyakinan kalau kacamata lebih sehat daripada lensa kontak. Namun sebagian lainnya berpendapat kalau lensa kontak lebih pas bagi mata. Keduanya memang mempunyai fungsi yang sama yanitu membatu mata untuk melihat lebih jelas.

Namun kebanyakan dokter menganjurkan memakai kacamata karena butuh ekstra ketelatenan dalam memakai lensa kontak, jika tidak malah akan membuat mata kering dan dapat berakibat lebih buruk.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Lensa Kontak dan Kacamata

Kelebihan Lensa Kontak
- Pandangan leboh luas. Lensa kontak membuat mata memiliki pandangan yang lebih luas. Hal ini dikarenakan lensa menempel di bola mata sehingga bisa mencakup pandangan dari semua sudut.
- Menunjang aktifitas. Dengan lensa kontak anda bisa dengan leluasa melakukan aktifitas keseharian anda.
- Faktor keamanan yang lebih baik. Untuk aktivitas yang lumayan berat, pengguna tak perlu takut lensa bakal jatuh atau pecah, seperti halnya jika memakai kacamata.
- Menambah percaya diri. Para wanita yang merasa kurang pede memakai kacamata, bisa mendapatkan rasa pede-nya kembali setelah memakai lensa kontak.  
- Lebih baik dalam membantu mata. Lensa kontak meminimalisasi jarak mata anda dengan lensa hingga ketajaman mata lebih baik.

Kekurangan Lensa Kontak
- Mata rentan menjadi kering. Lensa kontak menghalangi oksigen masuk ke mata. Karena lensa tersebut melekat di bola mata, maka bisa membuat mata menjadi kering. Akibatnya Anda akan mengalami masalah mata merah, kering, dan gatal.
- Butuh ketelatenan. Pengguna lensa kontak tidak hanay butuh ketaletanan dalam menggunakan tetes mata agar mata tidak kering, tapi juga dalam perawatannya.
- Mudah hilang. Ukuran lensa kontak yang relatif kecil dibanding kacamata membuatnya lebih gampang hilang atau terselip.
- Kurang ekomomis. Harga lensa kontak relatif mahal. Apalagi, masa pakainya hanya berkisar 2 minggu sampai sebulan.
- Butuh adaptasi yang lebih lama. Pemakai awal biasanya merasa tidak enak, karena adanya benda asing pada bola mata mereka. Biasanya setelah menghentikan pemakaian selama seminggu, sensitivitas kornea akan normal lagi.

Kelebihan Kacamata
- Melindungi dari cahaya langsung. Saat Anda bekerja di depan komputer, cahaya dari layar komputer langsung mengenai mata. Nah, bila anda mengenakan kacamata, maka cahaya yang terus menerus tersebut tidak akan langsung mengenai mata. Dengan lapisan anti-silau, kacamata melindungi mata jauh lebih baik daripada lensa.
- Mudah dalam perawatan. Dibadningkan dengan lensa kontak, perawatan kaca mata terbilang lebih mudah.
- Harga lebih murah.
- Dapat membuat wajah lebih berkarakter.

Kekurangan Kacamata
- Pandangan mata tidak leluasa. Kacamata seolah membingkai pandangan penggunanya. Si pemakai tidak bisa melihat area di luar kacamatanya. Sedangkan bila Anda memakai lensa kontak, Anda bisa mengedarkan pandangan hingga 360 derajat.
- Terasa ada yang mengganjal di dekat hidung dan telinga, sehingga tidak nyaman.
- Rentan rusak.




Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Kesehatan
Judul : Mana yang Bagus, Lensa Kontak atau Kacamata ?
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2013/04/mana-yang-bagus-lensa-kontak-atau.html.