Yamaha X-Ride vs Honda Zoomer-X, Siapa yang Menang ?

Yamaha X-Ride vs Honda Zoomer-X, Siapa yang Menang ? – Bulan lalu Yamaha resmi meluncurkan motor barunya yang diberi nama X-Ride (Lihat: Video Test Yamaha X-Ride). Motor ini akan mengambil pasar motor skutik offroad yang memang belum terlalu ramai di Tanah Air.

Pesaingnya Honda sebenarnya punya motor sejenis yaitu Zoomer-X (Baca: Nih Dia Tampilan Zoomer-X), namun pihak Honda tidak ingin buru buru membawa Zoomer-X ke Indonesia, menurut mereka pasar skutik offroad di Indonesia sangat kecil.

"Sepertinya kita lihat kecil. Biarin temen kita duluan," tegas GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Agustinus Indraputra. Saat ini Honda tengah mempelajari pasar skutik offroad di Tanah Air.

Sebelum tiba, tidak ada salahnya jika kita bandingkan kedua motor tersebut. Berikut perbandingan Yamaha X-Ride dan Honda Zoomer-X

1.      Desain
Antara Yamaha X-Ride dan Honda Zoomer-X sama-sama memiliki desain yang agresif yang siap menggoda pasar. Desainnya sudah disesuaikan untuk hidup di 2 alam yakni offroad dan onroad. Beberapa garis tegas dan kaku serta dilengkapi ban pacul memberi kesan skutik tersebut siap melibas medan pasir, bebatuan dan lumpur.

2.      Spesifikasi Mesin
Yamaha X-Ride ditopang mesin 115 cc dengan menggunakan tipe mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC. Mesin tersebut juga tersimpan pada Yamaha Mio GT. Mesin ini diklaim menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Sementara Honda Zoomer-X mengadopsi mesin Honda BeAT yakni mesin kapasitas 110 cc SOHC bertenaga 6.27 kW (8,52 PS) pada 8.000 rpm dan torsi 8.68 N.m (0,89 kgf.m) pada 6.500 rpm.

3.      Fitur
Selain memiliki bodi yang menarik, skutik-skutik 2 alam ini memiliki fitur menarik. Seperti Yamaha X-Ride yang memiliki rumah lampu depan berbentuk 'V' dimana dirancang layaknya lampu motor penjelajah.

Lampu belakangnya didesain menyerupai knalpot undertail ala Superbike. Sedangkan lampu seinnya menggunakan konsep Moto-Cross Flexible Flasher Lamp yang terinspirasi motor cross yang sporty. Selain itu kunci kontak X-Ride memiliki tiga fungsi untuk membuka bagasi, menghidupkan motor dan mengunci motor. Dan sudah dilengkapi Smart Lock System.

Dan untuk tandingannya, Honda masih menutup rapat model skutik Zoomer yang akan diluncurkan di Indonesia. Bisa jadi, Honda tengah melakukan strategi baru untuk merontokan pesaingnya. Jadi tak masalah jika harus kecolonga start.

4.      Kaki kaki
Karakter motor trail makin kental pada kedua skutik ini ketika disematkan up side down. Ukurannya pun tidak terlalu besar demi menyesuaikan bentuk skutik tersebut. Namun jika melihat keduanya, Yamaha dan Honda telah menyematkan stang tipe stang motor trail. Konsep stang tersebut terlihat mengokohkan skutik Yamaha X-Ride dan Honda Zoomer-X.

Namun karakter suspensi belakang masih menggunakan single per ulir yang disematkan di sisi kiri baik Yamaha X-Ride dan Honda Zoomer-X.

5.      Konsumsi Bahan Bakar
Melihat konsep yang diusung seharusnya tidak perlu membahas konsumsi bahan bakarnya. Sebaiknya Anda menikmati kendaraan tersebut tanpa harus memikirkan konsumsi BBM. Dengan begini impresi berkendara dipastikan lebih maksimal.

6.      Harga
Yamaha X-Ride disediakan dalam 3 model yakni X-Ride standar dilepas Rp 14,4 juta, model X-Ride special edition Rp 15 juta, dan model X-Ride adventure Rp 16,565 juta.