11 Tips Cara Memilih Modem yang Terbaik

11 Tips Cara Memilih Modem yang Terbaik - Modem merupakan salah satu tool yang harus anda punya jika ingin akses dunia maya alias internet. Ada beberapa jenis modem yang tersedia saat ini, namun yang banyak digunakan adalah yang jenis modem USB. Bagaimana cara memilih modem USB yang terbaik ?

Sebelum dijelaskan tips lebih lanjut, anda perlu tahu kalau ada dua jenis modem USB, yaitu GSM dan CDMA. Untuk modem GSM hanya bisa dipakai dengan operator GSM seperti Telkomsel, Axis, 3, Indosat dan XL. Sedangkan operator jaringan CDMA contohnya smartfren (Baca: Daftar Harga Modem Smartfren 2013 Terbaru), flexi, star one dan esia. Mana yang terbaik ? anda bisa baca Perbandingan Modem CDMA dan GSM.

Berikut 11 Tips Cara Memilih Modem yang Terbaik

1.      Pilih GSM atau CDMA
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih jenis modem yang akan anda gunakan untuk berlangganan paket internet, jaringan GSM atau CDMA. Untuk menentukannya, anda bisa riset kecil kecilan mengenai jaringan mana yang tersedia di daerah anda.

2.      Kecepatan akses
Perhatikan kecepatan maksimal yang ditawarkan modem tersebut, pilih HSDPA untuk GSM dan EVDO untuk CDMA. Semakin tinggi semakin bagus.

3.      Budget
Perhatikan budget yang sudah anda siapkan Jika anda memiliki budget yang pas pas anda bisa pilih modem built-in (bawaan) / lock. Namun jika anda punya budget lebih, sebaiknya pilih modem unlock / bukan bawaan operator.

4.      Sesuaikan dengan kebutuhan
Selain budget, anda juga harus tahu kebutuhan internet anda setiap hari. Jika anda online lebih dari 2 jam tentu butuh performa modem yang baik pula, pilih modem yang tidak terlalu cepat panas karena berpengaruh juga terhadap koneksi. Baca Cara Agar Modem Tetap Dingin

5.      Merk ternama
Pilih modem dengan merk ternama seperti Huawei, Siera atau ZTE. Selain karena faktor kualitas, harga purna jual nya pun bagus.

6.      Fitur lengkap
Agar maksimal, sebaiknya pilih USB modem yang memiliki fitur lengkap untuk SMS dan telepon.

7.      Jangan terlalu tergiur obral murah
Modem USB yang murah belum tentu jelek sebenarnya, meski tidak bisa dipungkiri kalau harganya terlalu murah artinya memang kualitasnya tidak bisa dijamin. Jika anda tertarik membeli modem yang sedang obral, sebaiknya tanya lebih jauh kepada penjualnya mengenai spesifkasi dan kualitas modem tersebut.

8.      Bisa untuk semua OS
Pastikan modem yang akan anda beli dapat digunakan oleh semua sistem operasi (Windows, Mac OS, Linux), sehingga lebih mudah penggunaannya.

9.      Plug and Play
Pilih modem plug and play artinya untuk menggunakan modem tersebut, anda hanya perlu menancapkan modem tersebut ke USB port, nanti proses penginstalan akan dilakukan secara otomatis.

10.  Cari informasi
Jika anda sudah menetukan jenis modem yang ingin anda beli, sebaiknya cari dulu informasi yang lebih lengkap mengenai modem tersebut. Anda bisa tanya teman atau carai di Google.  

11.  Garansi
Perhatikan garansi karena tidak semua produk yang dikeluarkan pabrik merupakan modem sempura. Bisa saja anda mendapatkan usb modem cacat atau rusak