13 Tips Agar HP Android Tidak Lemot

13 Tips Agar HP Android Tidak Lemot - Penggunaan OS Android di gadget seperti tablet dan smartphone semakin tidak terbendung. Lebih dari 50 persen gadget yang ada sekarang menggunakan OS besutan Google ini. Namun seiring ketenarannya, Android juga menjadi sasaran malware (Baca: Inilah 7 Tanda Gadget Android Terkena Malware), hal ini harus diwaspadai oleh pengguna Android.

Gagdet Android yang sudah terinfeksi malware biasanya akan membuat performa gadget tersebut menurun tajam alias lemot. Sebenarnya selain malware masih ada penyebab lain yang bisa membuat HP Android kita menjadi lemot. Untuk mengtasinya, anda bisa baca tips di bawah ini.

Berikut Tips Agar HP Android Tidak Lemot

1.      Matikan Live Wallpaper
Selain membuat tampilan ponsel Anda tampak lebih atraktif, Live Wallpaper juga bisa memperlambat kinerja ponsel anda. Solusinya anda cukup gunakan Wallpaper hp Android bawaan hp saja.

2.      Kurangi jumlah widget
Jangan suguhkan widget informasi yang terus-menerus diupdate setiap saat, maka hal itu akan menyebabkan tambahan proses yang menyedot memori sehingga berimbas pada perlambatan kinerja ponsel.

3.      Tutup aplikasi yang berjalan di background
Taukah Anda bahwa dengan menekan tombol home pada Android, aplikasi yang sedang berjalan akan tetap berjalan di belakang layar. Jika Anda ingin membuka aplikasi lain jangan lupa untuk menutup aplikasi yang sedang berjalan dengan menekan tombol back atau mematikannya dengan bantuan aplikasi task killer.

4.      Matikan auto update apps
Jangan aktifkan fitur auto updates apps pada Android Anda karena fitur tersebut tentu akan membebani kinerja ponsel, apalagi ketika tiba-tiba ponsel Anda mendownlaod dan menginstall sebuah aplikasi pada saat Anda sedang menjalankan aplikasi lain yang memakan banyak memori.

5.      Pindahkan aplikasi ke microSD
Fitur moved apps to SD adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk memindahkan instalasi apliaksi dari memori internal ke kartu microSD yang anda sematkan. Dengan memindahkan file instalasi aplikasi ke memori eksternal, maka ruang penyimbanan memori internal akan menjadi makin lega. Dengan ruang internal yang lega, kinerja ponsel pun jadi makin ringan dan lancar. Gunakan App2SD atau Link2SD untuk aplikasinya.

6.      Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan
HP Android memang mempunyai kemampuan “Multi Tasking”, namun kalau HP Android anda mempunyai spesifikasi rendah biasanya akan membuat kinerja hP Android anda menjadi lemot.

7.      Matikan Autorotate
Dengan fitur ini, orientasi layar ponsel Anda akan berubah secara otomatis mengikuti posisi ponsel dalam genggaman. Akan tetapi dalam beberapa kasus, rotasi otomatis ini dapat menyebabkan ponsel Anda mengalami lag atau jeda yang mengganggu. Mematikan autorotate dengan cara masuk ke menu setting > display dan hilangkan kotak disamping menu ‘autorotate screen’.

8.      Hapus Cache
Terlalu banyaknya "Cache" yang terismpan di memori internal HP Android anda akan memperlambat kinerja ponsel.  Jika tidak segera dihapus, "Cache" ini setiap saat akan terus bertambah dan akan membuat kinerja HP Android anda menjadi semakin lambat. Untuk mengatasinya coba anda selalu hapus "Cache" HP Android anda setiap kali terasa lemot

9.      Matikan auto brightness
Kebanyakan ponsel Android telah dilengkapi dengan ambient light sensor yang akan memeriksa kondisi cahaya di sekeliling ponsel dan menyesuaikan kecerahan layar yang dipancarkan. Akan tetapi selain memboroskan daya, aktfnya autobrightness juga makin memperberat kerja ponsel.

10.  Factory Reset
Factory reset adalah cara yang manjur karena ponsel Android terdapat beberapa aplikasi yang otomatis berjalan di background ketika Anda pertama kali menghidupkan ponsel. Dengan factory reset Anda bisa mengatur ponsel Android dari awal jika dari ke tujuh langkah diatas belum juga menyelesaikan masalah Android Anda yang lemot.

11.  Jangan menumpuk SMS masuk atau terkirim
Mungkin Anda tidak pernah menyadari kalau SMS masuk atau terkirim juga berpengaruh pada kinerja ponsel, karena semua SMS akan tersimpan pada memori internal. Jadi jangan pernah biarkan SMS menumpuk kalau tidak mau ponsel Android Anda lambat.

12.  Instal Antivirus
Antivirus dapat mencegah ponsel Android dari malware. Pilih antivirus yang ringan namun ampuh dalam menangkal malware yang bisa memperlambat kinerja ponsel (Baca: Daftar Antivirus Terbaik Untuk Android)

13.  Gunakan aplikasi utility untuk meningkatkan performa
Seperti Advance Task Manager, Ram Booster, Hiatory Eraser, Rakun Optimizer dan lainnya

14.  Update software
Tentunya, salah satu kunci utama agar perangkat menjadi kembali dalam performa puncaknya adalah dengan memberikan update pada operating systemnya. Dengan memberikan update terhadap operating system, maka perangkat seperti halnya mendapatkan kekuatan baru untuk dipergunakan bekerja.

15.  Hapus aplikasi tak berguna
Coba-coba mengunggah dan menginstal aplikasi atau game dalam perangkatnya dapat melambatkan kinerja perangkat karena beban yang harus dibaca memori juga jauh lebih berat. Untuk itu, hapus atau uninstall semua aplikasi atau game yang sekiranya tidak lagi atau jarang digunakan.