Inilah Harga dan Cara Buat Buat Nopol Cantik Terbaru

Inilah Harga dan Cara Buat Buat Nopol Cantik Terbaru - Memiliki nomor polisi atau Nopol yang cantik ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Kepolisian sendiri melalui Kepala Bagian Registrasi dan Identifikasi AKBP Latif Usman mengatakan kalau masyarakat siapa saja boleh membuat nopol sesuai keinginannya, asal stok nopol tersebut tersedia alias belum digunakan.

"Silakan tidak masalah. Kalau masih kosong, silakan. Itu nomor pilihan," kata Latif Usman ketika ditanya mengenai pembuatan nopol cantik.

Ketika ditanya mengenai biaya pembuatan nomor polisi pesanan, Latif Usman juga mengatakan tidak ada pungutan biaya. "Tidak ada pungutan biaya. Tidak ada penentuan harga khusus untuk nomor pilihan," tambahnya.

Bagaimana, anda tertarik untuk membuat nopol cantik ?

Berikut Harga dan Cara Buat Buat Nopol Cantik

Cara Buat Buat Nopol Cantik

1.      Siapkan 3 alternatif nopol
Agar lebih efisien, siapkan 3 alternatif nopol cantik yang anda inginkan. Sehingga jika nomor yang satu sudah dipakai , masih ada nomor kedua dan ketiga.

2.      Cek ketersedian nopol
Untuk mengeceknya anda bisa sms ke 1717 dengan format Metro “Nopol”  (untuk Jakarta. Jika tidak bisa, anda bisa langsung telpon bagian Humas Polda Metro Jaya di 021-5234017 atau bagian Tata Usaha Samsat di daerah anda.

Bila nanti ada balasan berupa konfirmasi apa kendaraan yang telah memakai nomor tersebut dan tahun pajaknya, maka nomor itu sudah ada yang memiliki. Sementara bila mendapatkan balasan berupa 'maaf nomor yang anda kirim saat ini belum terdaftar' maka nomor tersebut masih tersedia.

3.      Lakukan pendaftaran
Jika tersedia, anda bisa melakukan pendaftaran di kantor Samsat seperti pendaftaran kendaraan baru. Berikut persyaratannya:
a. Mengisi formulur SPPKB.
b. Identitas

1. Untuk perorangan : Tanda jati diri yamg sah + 1 lembar fotocopy,
bagi yang berhalangan melampirkan Surat Kuasa bermaterai cukup.

2. Untuk badan Hukum : Salinan Akte Pendirian + 1 lembar fotocopy,Keteranagan domisili, Surat Kuasa bermaterai cukup dan ditanda tangani oleh Pimpinan serta dibubuhi cap Badan Hukum yang bersangkutan.

3. Untuk Instansi Pemerintah (termasuk BUMN dan BUMD) : Surat Tugas/Surat
Kuasa bermateri cukup dan ditandai-tandai oleh Pimpinan serta dibubuhi cap Instansi yang bersangkutan.

c. Pemberitahuan Import Barang (PIB)

d. Faktur

e. Sertifikat uji tipe, tandai lulus uji tipe atau buku tanda bukti lulus uji
berkala, Setifikat NIK (VIN) dan tanda pendaftaran tipe.

f. Kendaraan bermotor yang mengalami perubahan bentuk harus melampirkan surat keterangan dari perusahaan karoseri yang mendapat izin.

g. Surat keterangan bagi kendaraan bermotor angkutan umum, yang telah memenuhi persyaratan.

h. bukti pemeriksaan hasil fisik kendaraan bermotor.

4.      Melalui Biro Jasa
Jika anda tidak mau repot mengurusnya sendiri, anda bisa menggunakan jasa biro. Untuk di Jakarta anda bisa mengunjungi biro jasa pelat cantik di daerah PIK dan Duta Mas. Caranya, anda tinggal telpon ke pihak biro lalu memberi tahu nopol yang anda inginkan. Jika tersedia, pihak biro biasanya akan langsung ke rumah anda.

5.      Waktu pembuatan
Waktu pembuatan nopol cantik bervariasi, namun biasanya 1 hingga 2 bulan.

Harga Buat Buat Nopol Cantik

Walaupun AKBP Latif Usman memaparkan kalau pembuatan nopol cantik sama seperti pembuatan nopol biasa, namu di lapangan biaya pembuatan nopol cantik cukup beragam dari ratusan ribu hingga jutaan. Apalagi jika huruf dibelakangnya ikut dirubah, biasanya harganya akan jauh lebih mahal.

"Biasanya sih pak kena penambahan dana hingga Rp 3,5-4,5 juta, tapi itu tergantung nomornya ya," kata seorang sales Toyota.

Hal senada juga diungkapkan sales Suzuki Mobil di Jakarta. "Bisa saja memilih nomor cantik, tapi kena biaya faktur yah sebesar Rp 500 ribu" katanya.

Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan nopol cantik

1.      Tidak boleh ada modifikasi tata letak Nopol
Seperti nopol B 174 MIN, diubah tata letaknya menjadi B1 74MIN. dalam pasal 280 UU No 22/2009 disebut tidak boleh mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dipasangi tanda nomor kendaraan bermotor yang ditetapkan kepolisian negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud pasal 68 ayat 1 dipidana dengan kurungan dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

2.      Pajak Nopol Cantik sama dengan Nopol Biasa
Saat ini nomor cantik tidak mempengaruhi jumlah pajak karena yang menentukan jenis dan tahun pengeluaran kendaraan. Namun awal tahun ini Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta pemerintah merevisi UU No.20 Tahun 1997 tentang penerimaan negara bukan pajak (PNBP) memasukkan aturan yang jelas dalam penerimaan biaya dalam proses tanda nomor kendaraan bermotor( TNKB) di seluruh Indonesia khususnya dalam proses pemberian nopol pilihan alias cantik kepada masyarakat. Intinya nomor cantik dikenakan pajak tersendiri.