Inilah Jenis Buah yang Bagus dan Buruk untuk Penderita Diabetes

Inilah Jenis Buah yang Bagus dan Buruk untuk Penderita Diabetes - Agar tidak berdampak lebih buruk, penderita diabetes harus lebih hati hati dalam mengkonsumsi minuman atau makanan, salah satunya adalah buah, sebab diketahui kalau fruktusa dalam buah buahan memiliki dampak negatif untuk para penderita diabetes.

Fruktosa sendiri merupakan salah satu bentuk gula yang sering ditemui dalam buah buahan dengan tingkatan yang beragam. Fruktosa berlebihan tidak hanya berdampak buruk bagi seseorang penderita diabetes tapi juga dengan berat badan berlebih.

Berikut Jenis Buah yang Bagus dan Buruk untuk Penderita Diabetes

Jenis Buah yang Bagus untuk Penderita Diabetes

1.      Jeruk bali
Jeruk bali merupakan salah satu jenis jeruk dengan rasa manis, asam dan segar. Buah ini merupakan pilihan sehat untuk penderita diabetes. Dianjurkan untuk mengonsumsi setengah jeruk bali dalam sehari.

2.      Aprikot
Buah aprikot rendah akan karbohidrat, namun tinggi serat dan kaya akan vitamin A. Buah ini merupakan pilihan yang baik bagi penderita diabetes. Mulailah untuk memasukkan 1 buah aprikot dalam menu harian Anda.

3.      Jeruk
Jeruk dikenal mengandung vitamin C yang tinggi. Buah ini juga rendah karbohidrat dan mengandung kalium. Sama seperti jeruk bali, buah jeruk juga merupakan buah yang aman bagi penderita diabetes. 1.

4.      Alpukat
Lemak sehat dan potasium dalam alpukat membuatnya menjadi buah yang sehat bagi penderita diabetes. Buah ini juga menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5.      Stroberi
Stroberi memiliki indeks glikemik yang rendah. Jadi selain baik untuk gigi, tapi stroberi juga baik untuk pencernaan karena buah ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dan memenuhi selera manis Anda dan juga menstabilkan kadar gula darah.

6.      Nektarin
Buah ini juga jarang dikenal di indonesia. Sejenis apel berwarna merah muda berbiji seperti kecambah. Buah ini juga dapat  mengurangi kemungkinan diabetes tipe-2.

7.      Grapefruit
Buah jeruk ini mirip jeruk bali, tapi lebih kecil dari jeruk bali. Buah ini sehat bagi orang yang menderita diabetes karena secara alami menurunkan kadar gula darah tinggi. The Diabetes Action Research and Education Foundation menyatakan, tidak ada bahan dalam jeruk yang akan menghambat produksi insulin. Buah ini baik dimakan segar atau di jus.

Jenis Buah yang Buruk untuk Penderita Diabetes

Buah kering
Buah kering mengandung memiliki kandungan fruktosa yang tinggi sehingga sebaiknya Anda menghindarinya atau hanya memakannya dalam jumlah kecil.

Pisang dan Mangga
Buah ini tidak mengandung pektin yang diperlukan untuk merangsang pencernaan yang baik, mereka tidak membantu untuk membersihkan trek pencernaan Anda dengan menghilangkan produk-produk limbah. Jadi, ini semua buah buruk sangat buruk bagi penderita diabetes.

Apel dan Pir
Apel dan pir adalah dua buah dengan kandungan fruktosa tertinggi. Ini termasuk semua jenis produk yang terbuat dari kedua buah ini, misalnya saus apel, selai apel, jus apel maupun pir. Makanan atau minuman yang mengandung apel atau pir juga harus dihindari karena kandungan fruktosanya yang sangat tinggi.

Melon dan semangka
Kedua buah ini memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga baik untuk mengatasi dehidrasi. Sayangnya, kandungan gula dalam keduanya cukup tinggi (Indeks glikemik mencapai 65-100 persen), sehingga sangat tidak disarankan bagi mereka yang memiliki diabetes atau memiliki riwayat keluarga penderita diabetes untuk mengonsumsi buah ini.

Buah Tropis
Buah tropis yang dimaksud antara lain mangga, pisang dan kiwi. Setiap makanan atau minuman yang mengandung buah-buahan ini juga cenderung mengandung fruktosa tinggi sehingga perlu harus dihindari. Jambu biji dan leci merupakan jenis lain dari buah-buahan tropis yang mengandung kadar fruktosa tinggi.

Nanas
Buah yang cukup unik ini memang kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, buah nanas juga rendah lemak sehingga baik untuk menurunkan kolesterol. Namun, buah nanas yang masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

Durian

100 gram durian mengandung 147 Kkal. Artinya ketika seseorang makan 1 kg durian, jumlah kalori yang ia dapatkan 1.470 Kkal atau sudah sebanding dengan porsi makannya selama satu hari. Sehingga buah durian tidak baik bagi penderita diabetes.