Nih Dia Cara Cek Chip di e-KTP

Nih Dia Cara Cek Chip di e-KTP - e-KTP sedang menjadi pembicaraan yang hangat saat ini, pasalnya berdasarkan surat edaran Mendagri Gamawan Fauzi, e-KTP tidak boleh mendapatkan perlakuan seperti KTP yang lama (Baca: Inilah Surat Edaran Mendagri Soal e-KTP Tidak Boleh Distaples).

Nah masalah lain muncul, e-KTP yang dimaksud yang bagaimana, apakah KTP yang diterima setelah pendataan ulang (sidik jari, scanning mata dll) ? atau KTP lain ?. yang kedua, bagaimana cara cek lokasi chipnya ?.

Chip di e-KTP Tidak Terlihat

Mendagri Gamawan Fauzi menegaskan e-KTP yang beredar saat ini memiliki chip. Namun memang tidak muncul di permukaan seperti foto yang ditampilkan situs Setkab.go.id. Menurut Gamawan, 130 juta e-KTP yang sudah dikeluarkan ke penduduk Indonesia tidak sama dengan KTP lama.

"Semua itu pakai chip, jadi yang 130 juta itu pakai chip. Kalau tidak buat apa ada e-KTP kalau sama dengan KTP yang lama," ujar Gamawan.

Berikut foto atau gambar e-KTP di situs setgap.go.id (yang salah)


Sebagai info saja, chip yang dipakai di e-KTP menrupakan chip jenis contactless. Keberadaan chip tersebut memang tidak terlihat dari luar seperti chip dalam kartu kredit dan sim card ponsel.

Cara Cek Chip di e-KTP

Untuk mengecek keberadaan chip di e-KTP, anda hamya perlu menempelkan e-KTP ke kamera tabletnya dan keluar berupa tulisan-tulisan yang menandakan kalau kartu itu memiliki chip.

Tulisan tersebut bertuliskan angka-angka dan Radio RFID (radio frequency identification). Namun tidak ada keterangan apa pun soal biodata si pemilik e-KTP. Dengan demikian keberadaan RFID bisa dibuktikan.

Berikut video cara cek chip di e-KTP