Sir Alex Ferguson Resmi Pensiun, Siapa Penggantinya ?

Sir Alex Ferguson Resmi Pensiun, Siapa Penggantinya ? - Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson resmi menyatakan pensiun di akhir musim ini, tepatnya tanggal 19 Mei setelah bertanding melawan West Bromeich. Pengumuman tersebut dikeluarkan oleh klub melalui situs resminya.

“Keputusan untuk pensiun ini adalah hal yang sudah saya pikirkan secara matang dan tidak mudah. Ini saat yang tepat” kata Ferguson.

Fergie berada di MU sudah hampir 26 tahun, sejumlah trofi sudah didapatkannya, total ada 38 trofi. Tidak cuma trofi, Ferguson juga menjadikan MU sebagai brand dunia.

Melalui instingnya, ia mampu menelurkan beberapa pemain berbakat dari Ryan Giggs, Class of 92' sampai yang terakhir Cristiano Ronaldo yang dijual ke Real Madri dengan harga yang fantastis.

Para petinggi Manchester United (MU) pun siap melepas Sir Alex Ferguson dengan rasa hormat dan terima kasih yang besar terhadap pelatih berusia 71 tahun itu.

"Saya senang luar biasa bekerja sama dengan Alex selama 16 tahun dan itu tak akan terlupakan - mencapai gelar Treble, ganda, jumlah piala yang tak terhitung dan pemain yang direkrut. Kami tahu bahwa dia akan pensiun suatu hari dan kami beruda telah mempersiapkannya dengan memastikan bahwa kualitas skuad dan struktur klub berada dalam kondisi terbaik”, kata Direktur Eksekutif MU David Gill.

Nantinya, setelah pensiun Sir Alex Ferguson akan mendapatkan jabatan sebagai direktur dan duta besar klub.

Siapa pengganti Ferguson di MU ?

Saat ini tercatat beberapa nama yang diprediksi akan menggantikan posisi Ferguson, seperti bos Everton David Moyes, manajer Borussia Dortmund Jurgen Klopp, Gary Neville, Ole Gunnar Solksjaer, dan Mike Phelan. Diantara nama nama tersebut, David moyes disebut sebut sebagai kandidat kuat pengganti MU.

Moyes sudah menunjukkan kinerja yang bagus bersama Everton. Pria berusia 50 tahun ini secara konsisten membawa Everton di posisi yang bagus di Premier League. Akan tetapi, sisi lemah dari Moyes adalah, dia minim pengalaman untuk menangani tim dengan level sangat tinggi.

Kontrak David Moyes di Everton menyisakan enam minggu lagi. Chairman Everton, Bill Kenwright mengatakan kalau Moyes punya hak untuk membuat keputusan.

Bagaimana dengan Jose Mourinho ?

Pelatih Real Madrid ini tak bisa dikesampingkan karena mental dan kemampuannya sudah teruji dengan berbagai gelar di setiap klub yang ditanganinya.

Akan tetapi, komentarnya tentang Chelsea baru-baru ini, ditambah pernyataan Rafael Benitez, menyiratkan bahwa Mourinho akan berlabuh di Stamford Bridge pada akhir musim ini jika dia akhirnya hengkang dari Santiago Bernabeu. Dengan demikian, peluangnya ke Old Trafford akan menipis.

Nama lain yang masuk bursa calon pengganti Ferguson adalah Jurgen Klopp. Pelatih ini telah memperlihatkan kemampuannya dengan membawa Dortmund menuju final Liga Champions musim ini, dan menjadi runner-up Bundesliga. Kemampuannya menangani klub di level tertinggi sudah teruji.