13 Sumber Penghasilan Buat Mahasiswa Terbaru

13 Sumber Penghasilan Buat Mahasiswa Terbaru - Melanjutkan jenjang pendidikan hingga universitas (Baca: 50 Universitas Terbaik di Indonesia) merupakan impian semua pelajar, namun keterbatasan orangtua sering kali membuat impian tersebut harus pergi.

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan sebenarnya sudah meluncurkan program untuk membantu calon mahasiswa yang kurang mampu yang diberi nama Bidik Misi (Baca: Cara Mendaftar Bidik Misi 2013).  Tapi ada baiknya, jika si mahasiwa juga berusaha untuk menciptakan sumber penghasilan sendiri. Apa saja contohnya ?

Berikut 13 Sumber Penghasilan Buat Mahasiswa Terbaru

1.      Bisnis Pulsa
Walaupun sudah banyak yang terjun di usaha ini, namun bisnis pulsa masih menjadi salah satu peluang yang tidak bisa dilewati begitu saja. Di web ini sudah dijelaskna mengenai bisnis ini. Jika anda tertarik untuk mulai bisnis ini, anda bisa baca


2.      Binis Private
Saat ini tidak sedikit pelajar dari SD sampai SMA yang kesulitan untuk menerima pelajaran di sekolahnya. Ini merupakan peluang untuk dijadikan sumber penghasilan, andabisa membuka Private sesuai kemampuan yang anda miliki dan yang dibutuhkan oleh mereka (anak anak). Terlebih jika anda mengambil jurusan Pendidikan dan Komputer, hal ini sangat berpeluang besar. Segera Action sebelum yang lain mendahului anda.

3.      Bisnis Makanan
Bisnis makanan merupakan salah bisnis yang tidak pernah ada habisnya. Anda bisa masuk ke bisnis ini sebagai sumber penghasilan. Belajar lah terlebih dahulu bisa dengan membeli buku resep resep makanan atau membantu seseorang yang memang mempunyai bisnis makanan.

Setelah ilmu yang didapat dirasa cukup kemudian praktekan , minta penilaian kepada teman siapa saja untuk merasakan terlebih dahulu dan memberikan komentar. Jika memang sudah memungkinkan maka action untuk membuka usaha anda.

4.      Ikut proyek dosen
Dosen biasanya memiliki beberapa proyek diluar kampus. Jika anda merasa cukup mampu untuk membantu proyek dosen anda, tidak salahnya jika anda menawarkan diri.

5.      Bisnis Desain
Buat anda yang punya ilmu desain, maka ini peluang emas buat anda. Seperti kita tahu sebuah usaha tidak terlepas dari promosi, baik itu berupa banner, spanduk, browsur dll. Jika anda punya keahlian desain, anda bisa kerjasama dengan teman anda lainnya yang mempunyai keahlian sama untuk membangun branding desain.

6.      Toko Online
Pesatnya tekhnologi saat ini bisa anda manfaatkan dengan membuat sebuah toko online, jika anda tidak memiliki produk hasil sendiri anda bisa bekerja sama dengan orang yang memiliki produk khas sendiri. Cari produk unik yang bisa anda pasarkan secara online.

7.      Jaga warnet
Dunia kampus biasanya tidak lepas dari warnet, anda bisa mencari warnet yang sedang membutuhkan tenaga sebagai penjaga warnet.

8.      Ngeblog
Sekarang trend ngeblog sebagai sumber penghasilan terus meningkat. Buat anda yang sedikit banyak tahu tentang internet bisa memanfaatkan peluang ini. Anda bisa belajar secara otodidak melalui search engine Google. Banyak sekali artikel atau postingan yang membahas bisnis online.  

9.      Buat karya tulis
Jika anda suka menulis dan ingin berbagi pengalaman, cobalah menulis suatu artikel dan mengirimkannya ke koran atau majalah yang ada disekitar kota anda. Anda bisa mendapatkan Rp 500.000,- atau lebih untuk satu artikel yang dimuat.

10.  Salesman/salesgirl
Jikan anda memiliki teman atau saudara yang berkecimpung dalam sebuah usaha, misalnya usaha distro, kue, aksesori, atau bisnis lain. Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi tenaga pemasaran alias salesman/salesgirl mereka.

11.  Drafter
Buat anda yang punya kemampuan menjadi drafter, Anda bisa menunjukkan potensi Anda dengan menawarkan diri sebagai drafter kepada senior Anda yang sedang mengerjakan tugas akhir. Kuncinya adalah kedekatan hubungan Anda dengan kakak-kakak senior.

12.  Penerjemah
Untuk anda mahasiswa jurusan bahasa (sastra Inggris, Prancis, dsb), Anda dapat mengasah kemampuan Anda, sekaligus mendapatkan penghasilan sampingan dengan menjadi penerjemah. Anda bisa menempelkan publikasi jasa terjemahan tersebut di papan-papan pengumuman kampus, lengkap dengan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Soal harga biasanya terjemahan Inggris-Indonesia bisa dipasang harga sekitar Rp15.000 per lembar 2 spasi; sedangkan untuk terjemahan Indonesia-Inggris dihargai sekitar Rp25.000 per lembar 2 spasi. Sedangkan untuk kelas mahasiswa S2 atau perusahaan, terjemahan Inggris-Indonesia biasanya dihargai sekitar Rp30.000 per lembar 2 spasi; dan Indonesia-Inggris dihargai sekitar Rp45.000 per lembar 2 spasi.

13.  Pelayan
Jika anda memilih cara ini, maka pilihlah jadwal yang fleksibel agar tidak mengganggu waktu belajar Anda.Menjadi pelayan di restoran atau cafe tidak hanya mendapat gaji, Anda juga bisa dapat uang tip dengan melayani orang lain dengan baik dan sopan.