15 Jenis Makanan Agar Rambut Sehat dan Kuat

15 Jenis Makanan Agar Rambut Sehat dan Kuat - Memliki rambut yang sehat, tidak rontok (Baca: Cara Mengatasi Rambut Rontok) dan tidak berketombe (Baca: Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami) tentu menjadi keinginan semua orang baik itu pria apalagi wanita.

Untuk mendapatkannya, tidak hanya perwatannya saja yang diperhatikan (Baca: 23 Tips Agar Rambut Sehat dan Indah) tapi juga jenis makanan yang dikonsumsi. Sebab pertumbuhan rambut sangat dipengaruhi apa yang anda makan.

Di bawah ini akan dishare beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan rambut anda, tentunya jika dikonsumsi secara rutin.

Berikut 15 Jenis Makanan Agar Rambut Sehat dan Kuat

1.      Salmon
Salmon masuk dalam urutan teratas dari makanan yang mempengaruhi kesehatan rambut. Salmon yang kaya akan protein, asam lemak omega 3, zat besi dan vitamin B-12. Yang berarti salmon dapat membuat rambut kita lebih berkilau, mencegah kuit kepala kering dan meningkatkan pertumbuhan rambut! Ikan ini sangat enak dan bisa menjadi makanan penuh keajaiban untuk rambut kita.

2.      Sayuran Hijau
Sayur bayam, kangkung, dan sayur hijau lainnya mengandung jumlah vitamin A dan C tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi rambut yang sehat dan kuat.

3.      Kacang-kacangan
Makanan ini memiliki kandungan tinggi vitamin, zat besi, zinc, dan mineral penting lainnya yang dapat menghasilkan rambut yang sehat dan kuat. Makanan ini juga merupakan sumber protein tanpa lemak.

4.      Unggas
Menu yang luar biasa ini kaya akan protein, zinc, zat besi, dan vitamin B untuk menjaga helai rambut kuat dan berlimpah. Sebab, sebagian besar rambut dibangun oleh protein.

5.      Tiram
Tiram dikenal sebagai makanan afrodisiak, namun sebenarnya tiram juga kaya dan baik untuk kesehatan rambut. Kunci yang ada di dalam tiram adalah kandungan zinc, zat antioksidan yang amat kuat. Selain dari tiram, Anda juga bisa mendapatkan hasil yang sama dari daging sapi dan domba.

6.      Ubi Jalar
Ubi jalar merupakan bahan makanan yang kaya akan beta karoten. Beta karoten sendiri merupakan bahan yang diubah tubuh menjadi vitamin A. "Pada dasarnya, setiap sel tubuh tidak dapat berfungsi baik tanpa kecukupan vitamin A," ujar Fishman. Hal ini juga membantu melindungi dan menghasilkan minyak yang mempertahankan kulit kepala. Karenanya, kekurangan  vitamin A bahkan dapat membuat seseorang merasa  gatal, hingga mengalami ketombe menjengkelkan.

7.      Telur
Telur bisa jadi yang paling serbaguna dalam daftar ini. Telur kaya akan biotin, yaitu vitamin B yang penting untuk kesehatan kulit kepada dan pertumbuhan rambut. Telur juga tinggi zat besi yang mengangkat oksigen ke folikel rambut. Sarapan pagi dengan telur juga dapat membuat rambut Anda menjadi lebih kuat dalam waktu singkat.

8.      Susu rendah lemak
Susu rendah lemak merupakan sumber protein tinggi yang mengandung vitamin D dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut.

9.      Wortel
Wortel mengandung jumlah tinggi vitamin A yang membantu melindungi helaian rambut Anda. Wortel memberi makan kulit kepala dan kulit kepala yang sehat dibutuhkan untuk rambut sehat.

10.  Blueberry
Buah super-eksotis ini kerap dikatakan kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat penting bagi sirkulasi darah ke kulit kepala dan mendukung pembuluh darah kecil yang memberi makan folikel. Kurang vitamin C dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

11.  Biji wijen hitam
Orang Cina meyakini bahan makanan satu ini bisa membuat rambut seeorang hitam lebih lama.

12.  Bayam
Zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C yang banyak terkandung dalam bayam membantu menjaga folikel rambut sehat dan minyak kulit kepala bersirkulasi.

13.  Lentil
Kecil namun hebat, polong-polongan ini kaya akanprotein, zinc, zat besi, dan biotin, demikian diungkapkan Fishman. Oleh karena itu, lentil bisa dijadikan makanan pokok vegetarian, vegan, dan pemakan daging.

14.  Alpukat
Jangan menolak buah ini. Alpukat dan minyak alpukat bisa mencegah dihidrotestosteron (DHT) yang membunuh folikel rambut.

15.  Walnut
Ini adalah satu-satunya kacang yang kaya akan asam lemak omega-3. Mereka juga kaya biotin dan vitamin E, yang membantu melindungi sel-sel  dari kerusakan DNA.  Rambut yang jarang  terlindungi dari matahari,  kadar  biotin yang minim dapat menyebabkan rambut rontok. Selain vitamin dan sam lemak, kenari juga memiliki kandungan tembaga, mineral yang mampu menjaga warna rambut alami  dan membuat rambut berkilau.