Album Terbaru Iwan Fals Diberi Nama ‘Raya’

Album Terbaru Iwan Fals Diberi Nama ‘Raya’ - Setelah tiga tahun tidak mengeluarkan album Iwan Fals akhirnya kembali meramaikan industri musik Tanah Air dengan merilis album terbarunya dengan nama ‘Raya’.

Pria yang memiliki nama asli Virgiawan Listianto ini memutuskan mengambil judul album tersebut selain karena sudah berdiskusi dengan sang istri selaku manager dan puterinya Cikal, juga dapat sudah dapat izin dari yang punya nama, yaitu siapa lagi kalau bukan anak ketiganya Raya Rambu Rabbani.

Iwan mengatakan, dirinya harus menunggu selama sepuluh tahun.  Alasannya,  ia ingin Raya sendiri yang mengizinkan sang ayah untuk menggunakan namanya pada satu lagu dan album terbaru ini.

"Lagunya sebenarnya sudah lama saya rekam. Cuma saya menunggu diizinkan dirilis tidak sama Raya. Saya tunggu dia dulu. Kalau dulu kan belum bisa diajak ngobrol ha.ha. Kalau sekarang udah ngerti dan akhirnya dijinkan," kata Iwan bercanda..

Album Terbaru Iwan Fals Diberi Nama ‘Raya’

Dari segi cerita, lagu ‘Raya’ hampir mirip dengan lagu tentang putera sulunya yang sudah tiada yaitu ‘Galang Rambu Anarki’. Lagu yang menjadi bagian dari album Iwan Fals di tahun 1982 yang bertajuk ‘Opini’.

Nantinya, album ‘Raya’ akan berisi 18 lagu dan akan dikemas dalam 2 keping CD. Lagu lagu tersebut disortir dari 24 lagu.

Dalam penggarapannya, Iwan Fals melibatkan keluarganya dan beberapa musisi seperti Totok Tewel (gitar), Sonata (gitar) Raiden Soe (drum), Ardy (bass), dan Edi Doremi (keyboard).

Selain bercerita mengenai anak ketiganya, di album tersebut juga memuat kritik Iwan terhadap berbagai fenomena sosial. Dalam Raya, Iwan melontarkan dua lagu soal korupsi, yakni Bangsat dan Rekening Gendut.

Selain itu ada juga lagu yang brjudul Dajal Net. Lagu ini bercerita tentang fenomena sosial sekarang ini yang lebih memilih menjangkau gadget terlebih dulu daripada kegiatan lain

Berikut petikan lirik pada bait pertama dalam lagu Raya:

22 januari dua ribu tiga
Raya Rambu Rabbani anak yang ketiga
Tanggal dan bulan sakti janjian kita
Entah kenapa Januari jadi cerita
Mas Galang dan mbak Cikal lahir januari juga
Padahal papa-mamamu virgo dan libra

22 Januari rayalah rabbani
Rambu-rambu dunia juga surgawi
Kau datang tak terduga menjadi tenaga
Di hidup sementara yang penuh mantra