Inilah Waktu yang Tepat Makan Buah

Inilah Waktu yang Tepat Makan Buah - Buah buahan merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, buah juga memberikan rasa kenyang (Baca: 9 Jenis Makanan yang Buat Kenyang Tahan Lama). Mengkonsumsi buah setiap hari sangat dianjurkan, khususnya bagi anda yang punya aktivitas keseharian yang padat.

Tapi apakah anda tahu kapan waktu yang tepat untuk makan buah ? Hal ini perlu anda ketahui agar buah buah yang anda konsumsi bisa memberikan hasil yang maksimal.

Berikut Waktu yang Tepat Makan Buah

1.      Perut Kosong
Makan buah saat perut kosong merupakan cara terbaik untuk mendetoksifikasi sistem di dalam tubuh anda. Nah, ini juga waktu terbaik untuk memastikan penyerapan optimal semua vitamin dan mineral dalam buah oleh tubuh.

Konsumsi buah sebelum sarapan adalah cara yang baik untuk 'memanaskan' sistem pencernaan di pagi hari. Ini juga menjamin laju pertambahan kadar gula darah dalam tubuh.

2.      Sebelum Berolah Raga
Buah akan menjadi camilan sempurna ketika Anda berolahraga teratur. Ambillah buah sebagai snack sebelum Anda memulai olah raga, sehingga anda punya cukup energi.

3.      Konsumsi Buah Sesuai Musimnya
Direkomendasikan untuk konsumsi buah-buahan sesuai dengan musimnya. Misalnya, buah-buahan musiman seperti mangga akan tepat dinikmati selama musim panas. Buah yang diimport dari negara-negara lain akan menyebabkan hilangnya nutrisi karena terkandung zat-zat buatan. Oleh karena itu, nikmatilah buah yang sesuai dengan musim tumbuhnya.

4.      1 Jam Sebelum Makan Besar
Waktu terbaik untuk makan buah-buahan adalah satu jam sebelum makan. Hal ini untuk memastikan bahwa Vitamin C, pektin dan serat benar-benar diserap oleh tubuh. Namun jika anda memiliki penyakit tertentu seperti radang lambung atau maag, sebaiknya makan buah setelah makan.

5.      2 Jam Setelah Makan
Jika buah dikonsumsi langsung setelah makan, penyerapan fruktosa oleh tubuh akan lambat. Sisa fruktosa dalam sistem pencernaan akan menghasilkan asam-asam organik yang menyebabkan kembung dan diare. Sehingga akan lebih baik jika buah dikonsumsi 2 jam setelah makan besar. Buah yang telah hancur di perut memerlukan lebih banyak waktu untuk mencernanya dan membuatnya membusuk.

6.      Segera mungkin
Jika anda memilih jus dalam mengkonsumsi buah, sebaiknya segera diminum. Membuat jus yang baru kemudian diminum pada siang atau sore hari menurunkan manfaat dari jus. Vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita. Jika tidak bisa mengkonsumsi jus secara langsung, dapat dilakukan dengan cara membuat jus sedingin mungkin, kemudian disimpan dalam termos alumunium yang tertutup rapat. Kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya membantu mempertahankan vitamin yang ada pada jus selama 4 jam.