Mesin Pencari Google Akan Down ?

Mesin Pencari Google Akan Down ? - Terkuaknya sebuah program peyadapan yang dilakukan intelejen AS terhadap warga AS membuat posisi Google semakin tidak aman. Seperti kita tahu, untuk mendukung program penyadapan atau yang lebih dikenal dengan PRISM. pihak intelijen melibatkan melibatkan 9 server perusahaan teknologi ternama salah satunya adalah Google.

Perusahaan tekonolgi yang diduga ikut terlibat selain Google antara lain Microsoft, Yahoo, Facebook, PalTalk, AOL, Skype, Youtube dan Apple.
Mesin Pencari Google Akan Down
 Sebelumnya semua perusahaan teknologi tersebut telah membantah keras ikut berpartisipasi dalam proyek Prism di hari pertama laporan itu ada di berita. Namun, setelah Guardian menampilkan sebuah halaman lain dari presentasi rahasia NSA yang diserahkan oleh Edward Snowden, tampak lebih jelas dukungan perusahaan teknologi tersebut dalam program PRISM.

Edwad Snowden sendiri hingga  kini belum diketahui keberadaannya. Terakhir rumor yang beredar, ia masih berada di wilayah otonomi khusus. Seorang pengusaha dari Iralandia, Olafur Vignir Sigurvinsson bahkan menyiapkan sebuah pesawat pribadi untuk menjemput mantan kontraktor di National Security Agency Amerika Serikat,

PRISM

Kembali ke soal Google, negara negara Eropa rencananya akan ramai ramai mendenda raksasa internet tersebut setelah permintaannya terhadap Google untuk mengubah kebijakan privasinya tidak dilaksanakan.

"Pada akhir Juli, semua otoritas satuan tugas (Perlindungan Data Eropa) akan melakukan tindakan keras atas Google," kata Presiden Perlindungan Data Prancis (CNIL), Isabelle Falque-Pierrotin.

CNIL, yang memimpin gugatan atas Google yang mengonsolidasi aturan privasinya pada Maret 2012 lalu itu, menyatakan langkah ini akan diikuti negara-negara Eropa lainnya. Total, Google bisa terkena denda jutaan euro.

DuckDuckGo Pengganti Google

Mungkin masih banyak orang yang belum menggunakan atau bahkan mengenal mesin pencari DuckDcukGo. Munculnya skandal PRISM membuat mesin pencari tersebut kebanjiran pengunjung.

Berbeda dengan sistem pencarian Google yang merekam data pencarian penggunanya, DuckDuckGo justru melindungi kebijakan privasi pengguna. Perusahaan tidak menyimpan riwayat pencarian, tanggal dan waktu pencarian, informasi tentang komputer pengguna (IP komputer) serta data log lainnya.

Mesin pencari ini memanfaatkan pasokan data dari situs semacam Wikipedia, menyaring spam dan pola pencarian dibuat terpisah, tidak agregat atau dibuat kumpulan seperti Google.