Nyok Kita Pergi ke PRJ Monas

Nyok Kita Pergi ke PRJ Monas - Kekecewaan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) terhadap PRJ Kemayoran (Baca: Jadwal Acara dan Peta PRJ 2013) ternyata tidak main main, hari ini embrio alias cikal bakal New PRJ siap digelar di Monas. Acara tersebut mengusung nama Pesta Rakyat Jakarta.

Maksud diselenggarakannya event tersebut diakui Jokowi bukan sebagai tandingan PRJ yang sekarang sedang berlangsung di Kemayoran, tapi sebagai konsep awal untuk menyelenggarakan PRJ yang sesungguhnya, yang berbasis kerakyatan.

"Buat apa saingan, kan keduanya punya kita," kata Jokowi ketika ditanya mengenai event Pesta Rakyat Jakarta.
PRJ Monas

Terdapat 80 persen tempat untuk usaha kecil dan rumah tangga di Pesta Rakyat Jakarta, sisanya untuk usaha yang sudah besar sebagai komplimen.

Salah satu UKM yang ikut serta di PRJ Monas adalah Indah Trampil. Pimpinan Indah Trampil, Muryati Ridwan mengatakan kalau produk yang akan ditawarkan terdiri dari berbagai macam alat keperluan rumah tangga. Misalnya, sarung bantal, tempat tisu, dompet, penutup galon, hingga bed cover.  Kesemua produk tersebut menrupakan hand made.

Menanggapi acara tersebut, salah satu warga bernama Ridwan mengatakan kalau ia sangat senang ketika mengetahui ada perayaan yang serupa dengan PRJ Kemayoran di Monas. Apalagi ia selama 17 tahun tinggal di Jakarta belum pernah mengunjungi Pekan Raya Jakarta yang biasanya digelar di Kemayoran.

"Saya belum pernah lihat PRJ kayak gimana. Anak saya ada tiga, kalau ke sana berarti berlima sama istri saya. Tiket masuk di sana katanya 20-35 ribu dikali lima orang sudah berapa, belum ongkosnya ke sana jauh. Belum nanti kalau anak saya mau jajan, masa ke sana hanya lihat-lihat saja," keluh Ridwan.

Jadwal dan Harga Tiket PRJ Monas

Rencananya event ini akan diselenggarakan dari tanggal 14 Juni hingga 16 Juni 2013. Soal tiket, dikenakan harga antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

"Kalaupun bayar, Rp 1.000 sampai Rp 2.000," kata Jokowi di Balai Kota DKI.