Cara Membayar Zakat Fitrah Lengkap

Cara Membayar Zakat Fitrah Lengkap - Setiap muslim baik itu pria mapun wanita, anak anak maupun orang tua wajib mengeluarkan zakat fitrah, sesuai dengan dalil Al-Quran dan Hadis Nabi di bawah ini

Al-Baqarah (2 : 195) : "Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik."

At-Taubah (9 : 104) : "Tidaklah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan menerima zakat dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang?"

Hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a :
"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah, segantang (2,5 Kg) korma, atau segantang syair (gandum) atas hamba sahaya, orang merdeka, laki-laki, perempuan, anak kecil, orang dewasa yang beragama Islam."
(H.R. Al Bukhori dan Muslim).

Hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Tsa’labah :
Rasulullah SAW bersabda : “Sadaqah (zakat) fitrah adalah segantang korma atau segantang gandum diwajibkan atas setiap kepala, kecil ataupun besar, merdeka atau budak, laki-laki atau perempuan, kaya atau miskin. Adapun orang kaya akan disucikan oleh Allah, sedangkan orang-orang miskin akan dikembalikan oleh Allah kepadanya yang lebih banyak dari apa yang telah diberikannya” (HR Abu Daud).

Buat anda yang belum tahu bagaimana tata cara membayar zakat fitrah, bisa baca informasinya berikut ini.

Cara Membayar Zakat Fitrah Lengkap

Waktu yang Tepat Bayar Zakat Fitrah
Waktu yang paling tepat adalah mulai dari terbit fajar pada hari ‘idul fithri hingga dekat waktu pelaksanaan shalat ‘ied. Waktu yang dibolehkan yaitu satu atau dua hari sebelum ‘ied.

Besaran Zakat Fitrah
Perhitungan zakat fitrah sebesar satu sha' (1 sha'=4 mud, 1 mud=675 gr). Perhitungan tersebut jika di implementasikan dalam bentuk yang lebih general lagi kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.7 kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan (Mazhab syafi'i dan Maliki). Sebagai contoh jika di Indonesia sebagian besar penduduknya mengkonsumsi beras maka zakat bisa dibayarkan dalam bentuk beras.

Bacaan Niat Bayar Zakat Fitrah
Untuk Diri Sendiri : Nawaitu an ukhrija zakatal fitrati ‘an nafsi fardan ‘alayya lillahi ta’ala - Aku berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, wajib atasku karena Allah ta’ala.

Untuk Keluarga : Nawaitu an ukhrija zakatal fithrati ‘an nafsi wa ahli …… fardan ‘alayya lillahi ta’ala - Aku berniat mengeluarkan zakat fitrah, bagi diriku dan keluargaku (sebutkan namanya satu persatu; istri, anak-anak dan yang menjadi tanggungan) wajib atasku karena Allah Ta’ala.

Untuk Orang Lain : Nawaitu an ukhrija zakatal fitrati li…fardhon lillahi ta’ala - Aku berniat mengeluarkan zakat fitrah bagi si … ( Namanya) karena Allah ta’ala.