Cara Terbaru Cek Keaslian No IMEI Ponsel

Cara Terbaru Cek Keaslian No IMEI Ponsel - Ide Menteri Perdagangan Gita Wirjawan untuk menangkal ponsel ponsel BM alias black market dengan memblokir no international mobile equipment identity (IMEI) didukung penuh oleh instasi terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika dan para pemain di bisnis ini yaitu para operator.

Namun Gatot perwakilan Kemenkoimfo menyarankan agar perlu di lakukan sosialisasi mengenai IMEI itu sendiri.

"Mengingat keberadaan IMEI belum tentu sepenuhnya dipahami oleh sebagian besar pengguna layanan telekomunikasi dan mungkin sejauh ini yang diketahuinya hanya nomor telepon saja misalnya, maka sosialisasi intensif harus komprehensif," kata Gatot.

Jika rencana pemblokiran IMEI jadi dilaksanakan, ponsel BM tidak lagi bisa digunakan untuk berkomunikasi atau menelepon.

Cara Terbaru Cek Keaslian No IMEI Ponsel

Bagaimana dengan dengan tanggapan masyarakat ? Sejauh ini masih ada pro kontra di masyarakat mengenai rencana ini, sebab masih banyak masyarakat yang belum mengerti keberadaan IMEI itu sendiri.

Seperti diketahui bahwa IMEI sendiri adalah identitas ponsel yang beredar di seluruh dunia yang tidak akan sama satu dengan yang lainnya kecuali bila seorang produsen berani berulah untuk memalsukan salah satu ponsel. Lalu bagaimana cara mengetahui nomor IMEI ponsel yang asli dan palsu tersebut?

Berikut Cara Terbaru Cek Keaslian No IMEI

1.      Cek di bagian belakang ponsel
Untuk cek IMEI secara manual, anda bisa lihat di bagian belakang ponsel anda. Nanti akan terlihat 15 digit nomor IMEI.

2.      Tekan *#06#
Jika anda menemukan kesulitan dengan cara diatas, anda bisa tekan *#06# (tanpa perlu tekan call), nanti akan langsung terlihat di layar ponsel sejumlah angka. Itulah no IMEI ponsel anda.

Cara diatas adalah untuk mengetahui cek IMEI, untuk keasliaannya anda bisa kunjungi situs Numberingplans.com.

Setelau anda akses situs tersebut, anda tinggal masukkan no IMEI yang tadi anda dapat lalu klik “Analyse”. Nanti akan terlihat informasi mengenai ponsel anda mulai dari produsen, tipe handset, hingga tanggal penjualan akan kelihatan.

Jika semua informasi tersebut sesuai dengan kondisi ponsel anda, berarti ponsel anda dijamin keasliannya.