Info dan Cara Mudik Gratis 2013 dari Ditjen Perhubungan Darat

Info dan Cara Mudik Gratis 2013 dari Ditjen Perhubungan Darat - Kepala Puskom Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan kalau Ditjen Perhubungan Darat akan menyediakan transportasi untuk mudik 2013 secara gratis yaitu berupa bus dan truk.

Kedua sarana transportasi itu akan disiapkan untuk para pemudik motor yang berencana melakukan perjalanan mudik tahun ini. Untuk truk akan disiapkan sebanyak 10 unit, sementara untuk bus belum ditentukan dari pihak Ditjen Perhubungan Darat. Untuk jelasnya bisa lihat infonya dibawah ini.

Berikut Info dan Cara Mudik Gratis 2013 dari Ditjen Perhubungan Darat

Sarana : Bus (260 unit) dan Truk (10 unit)
Waktu pendaftaran : mulai 15 Juli 2013 (sampai kuota terpenuhi)
Tujuan : Kota besar di Jawa Tengah dan Jawa Timur
Waktu pemberangkatan : belum ada konfirmasi

Cara Daftar Mudik Gratis 2013 dari Ditjen Perhubungan Darat

1. Lakukan pendaftaran di Kementrian Perhubungan (mulai tanggal 15 Juli 2013) di

Kementerian Perhubungan
Alamat: Lobi Gedung Cipta Lantai Dasar. Jl.Merdeka Barat No. 8 Jakarta 10110 Telepon: 021-3811308 Fax: 021-3451657.


2. Sertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) beserta fotokopinya.

3. Fisik sepeda motor pun harus masih sesuai spesifikasi pabrik. Tidak boleh ada modifikasi atau aksesori tambahan, seperti boks, baik di samping kiri-kanan maupun di belakang. Ukuran roda dan ban pun wajib standar pabrik. Sepeda motor harus memiliki penyangga atau standar tengah (standar dua), dan harus dilengkapi dengan pegangan belakang.

4. Pemudik yang telah terdaftar harus sudah menyerahkan sepeda motor mereka kepada petugas di halaman kantor Perum PPD Cawang, Jakarta Timur, untuk dimuat truk, Kamis (1/8/2013), mulai pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB. Saat serah terima itu, para pemudik dapat memberikan kunci sepeda motor kepada petugas ekspedisi atau panitia pelaksana.

5. Saat diserahkan itu, kaca spion juga wajib dilepas dan dibawa oleh pengendara sepeda motor dan bensin dalam tangki harus sama sekali kering. Sebagai gantinya, sesampai tempat tujuan, Ditjen Hubdar akan diberikan jatah 1 liter bensir per motor.