Tips Ampuh Agar Terhindar Pencurian Motor

Tips Ampuh Agar Terhindar Pencurian Motor- Banyaknya sepeda motor di Indonesia membuat para pelaku curanmor lebih memilih motor daripada mobil. Berdasarkan data yang ada di Polda Metro Jaya, dari Januari hingga Mei 2013 sudah ada 2.023 unit sepeda motor yang hilang, itupun hanya di Jakarta.

Menurut Kepala Subdit Ranmor Polda Metro Jaya, AKBP Arie Adrian modus yang digunakan ketika melaku aksi pencurian sepeda motor masih sama (Baca: Inilah Modus Curanmor yang Sering Dilakukan).

"Modus yang berlaku atau masih sering digunakan pencuri yakni menggunakan kunci palsu atau menggunakan kunci T kemudian memaksanya membuka setang motor," katanya.

Tips Ampuh Agar Terhindar Pencurian Motor

Berikut Tips Ampuh Agar Terhindar Pencurian Motor

1.      Taruh / parkir motor ditempat yang mudah untuk diawasi
Bila anda hendak parkir motor dilahan parkir, hendaknya sepeda motor anda ditaruh ditempat yang aman, yang selalu terlihat oleh para petugas jaga di area parkir tersebut.

2.      Pilih tempat parkir motor yang jauh dari akses mobil
Tidak hanya mobil angkot, mobil box juga sering digunakan sebagai tempat motor curian. Oleh karena itu, jika anda terpaksa parkir dipinggir jalan, sebisa mungkin tidak berada tepat disamping jalan mobil yang lewat.

3.      Gunakan remote
Walaupu agak sedikit mahal yaitu sekitar 200 ribuan, namun penggunaan remote bisa membantu mengamankan motor anda dari pencurian. Remote ini nantinya bisa digunakan untuk menyalakan (walaupun tidak menggunakan kunci asli), mematikan atau mengunci motor anda.

4.      Biasakan untuk selalu bawa karcis parkir
Bila anda parkir di tempat parkir umum, biasakan anda untuk bawa karcis parkir di tempat tersebut. Jangan disimpan di dalam jok motor. Bila ada hal yang tak diinginkan terjadi, karcis tersebut merupakan bukti bahwa anda benar-benar telah memarkir kendaraan anda di tempat tersebut.

5.      Selalu parkir ditempat resmi
Jika anda bepergian ke sebuah gedung atau mall, pilihlah tempat parkir yang resmi yang sudah disediakan oleh pihak mall.

6.      Selalu memasang kunci ganda
Kunci ganda memang dapat dibongkar oleh para pencuri motor profesional. tetapi dengan menggunakan kunci ganda, setidaknya membuat pencuri akan berpikir dua kali untuk mencuri motor anda, sebab akan membutuhkan waktu lebih lama.

7.      Jangan posisikan motor di gigi netral
Jika anda memiliki motor yang bukan matik, sebaiknya jangan tinggalkan motor dalam gigi netral.

8.      Pasang alarm motor
Gunakan alarm model imobilizer yang tidak menguras aki, karena alarm ini bekerja setelah motor anda menyala jika switch nya belum di posisi off, motor dapat menyala namun beberapa detik kemudaian akan mati dan membunyikan klakson walaupun kunci kontak dikembalikan lagi ke posisi off.

9.      Selipkan jaket anda di motor
Jika jaket anda tidak terlalu mahal dan cukup tipis untuk ditaruh dan dijepit dibawah tempat duduk (bukan ditaruh di dalam bagasi), selipkan saja jaket anda tersebut. sebab akan berfungsi untuk memperlambat aksi pencuri.

10.  Gunakan rantai
Anda bisa gunakan rantai di motor anda lalu lilitkan ke sebuah benda yang kokoh dan fix.

11.  Pasang GPS
Bila perlu pasang alat GPS agar anda tahu posisi motor anda jika dicuri atau pelaku menukar nomor plat motor anda.