Tips Mempersiapkan Motor untuk Mudik

Tips Mempersiapkan Motor untuk Mudik - Pemudik sepeda motor tahun ini diperkirakan akan meningkat dibandingkan tahun lalu. Kebanyakan para pemudik beralasan kalau menggunakan sepeda motor perjalanan mudik bisa lebih praktis, efisien dan pastinya hemat ongkos.

Pemerintah sebenarnya sudah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor, selain berbahaya kendaraan tersebut memang bukan didesain untuk perjalanan jauh.

“Sepeda motor merupakan kendaraan yang cocok digunakan di dalam kota. Sangat tidak disarankan mudik dengan menggunakan sepeda motor," ujar Sarwono Edhi Technical Service Training Development AHM.

Namun begitu, jika anda tetap berencana mudik dengan sepeda motor tahun ini, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bsai berguna untuk anda.

Berikut Tips Mempersiapkan Motor untuk Mudik

1.      Cek ban
Periksa dan bila perlu ganti ban luar atau ban dalam depan dan belakang. Pemeriksaan meliputi ketebalan ban atau keausan ban, jumlah tambalan sebaiknhya jangan lebih dari dua. Gunakan ban yang dapat digunakan untuk kondisi jalan yang basah dan kering.

Sebaiknya menggunakan ban tubeless, agar jika dalam perjalanan mudik ban terkena paku, masih ada tenggang waktu lama dan memungkinkan kita menjangkau bengkel untuk memperbaiki ban.

2.      Periksa komponen ban depan dan belakang
Periksa dan bila perlu ganti komponen roda depan dan belakang secara keseluruhan terhadap fungsi bearing, jari-jari dan velgnya. Roda di cek apakah goyang (speleng) atau tidak, baik dari velgnya (rim) atau dari bearingnya, karena ban merupakan komponen terpenting sepeda motor.

3.      Cek gear dan rantai roda
Periksa dan bila perlu ganti gear dan set rantai roda. Pemeriksaan sendiri meliputi keausan rantai, kendor atau tidak rantainya, dan selalu gunakan pelumas rantai agar selama perjalanan tidak ada masalah rantai yang pasti merepotkan.

4.      CVT atau Continously Variable Transmission
Perhatikan suara dan getaran CVT serta tarikannya, apakah normal atau tidak. Karena jika ada masalah dalam sistem CVT, hal ini terjadi karena roller CVT kotor atau aus atau per driven pulley sudah aus.

5.      Fungsi Aki
Pemeriksaan dilakukan dengan cara menghidupkan mesin dengan elektrik starter, lampu depan, sein, klakson, dan perhatikan juga apakah performanya telah menurun dari biasanya atau tidak.

6.      Oli
Walaupun umur oli sepeda motor anda masih lama, sebaiknya sebelum berangkat mudik anda ganti oli tersebut agar kinerja mesin bisa optimal.

7.      Kelancaran stang kemudi
Periksa juga kelancaran stang kemudi dengan cara sepeda motor di standar tengah. Tahan ban belakang agar ban depan dapat terangkat dari tanah, kemudian belokkan kekiri dan ke kanan pastikan tidak ada hambatan dan suara yang aneh akibat dari gesekan kabel atau bearing.

8.      Sistem Pengereman
Periksa sistem pengereman depan dan belakang, periksa keausan kampas rem dengan memperhatikan tanda segitiga pada tuas ayun rem (untuk rem tromol). Serta juga batas garis keausan untuk rem cakram.

9.      Persiapkan perkakas
Mengantisipasi kondisi darurat, siapkan perkakas penting seperti kunci pas ukuran 10, 12, 14, kunci busi, ampelas, lampu-lampu cadangan dan yang Anda anggap perlu lainnya. Tapi ingat: Jangan berlebihan!

10.  Suspensi depan dan belakang
Periksa sistem suspensi depan dan belakang dengan cara memberikan beban pada suspensi depan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menaiki motor, dan diayun agar kita bisa merasakan pergerakan suspensi dan cek apakah suspensi normal atau tidak, jika tidak segera periksa agar tidak menjadi masalah saat sepeda motor digunakan mudik.

11.  Atur tempat untuk barang
Bila membawa barang, usahakan agar barang bawaan tidak mengganggu pengendalian kendaraan kita maupun kendaraan di sekeliling. Ikatkan barang bawaan dengan kuat agar tidak bergerak-gerak yang akibatnya dapat mengganggu kestabilan.

12.  Lampu Utama
Kondisi penerangan jalan  selama perjalanan mudik tentu tidak semuanya sama, ada baiknya jika anda mengganti lampu utama anda dengan lampu yang lebi terang.

13.  Perawatan
Lakukan perawatan minimal 7 hari sebelum Anda mudik sehingga ada punya waktu jika motor mengalami kerusakan