Tips Mengatur Keuangan untuk Mudik

Tips Mengatur Keuangan untuk Mudik - Mudik di Bulan Ramadhan sepertinya menjadi sebuah agenda tahunan yang tidak bisa dilepaskan. Jika anda berencana mudik tahun ini, maka persiapkan segala kebutuhan baik itu kendaraan, perlangkapan dan lainnya dengan baik agar perjalanan mudik anda tidak mengecewakan (Baca: Tips Mudik Aman Lebaran)

Salah satu hal penting yang harus disiapkan adalah keuangan, terlebih sekarang harga BBM sudah naik. Nah tips mengatur keuangan untuk mudik dibawah ini mungkin bisa membantu persiapan mudik anda tahun ini.

Tips Mengatur Keuangan untuk Mudik

Berikut Tips Mengatur Keuangan untuk Mudik

1.      Buat menjadi tiga bagian
Dana yang tersedia untuk mudik harus dibagi tiga yaitu biaya transportasi atau perjalanan, biaya kegiatan mudik dan biaya hidup paska mudik.

2.      Buat penanggungjawab utnuk setiap pos
Akan lebih baik jika ada penanggungjawabnya masing-masing pos keuangan, seperti uang transportasi dipenggang ayah dan uang biaya kegiatan dipegang ibu, sedangkan untuk uang paska mudik disimpan di bank.

3.      Jangan diambil dari gaji bulanan
Jangan menggunakan anggaran mudik dari gaji bulanan Anda yang biasanya diberikan bersamaan dengan THR oleh kantor. Ambillah dari THR dan tabungan mudik yang disisihkan (sisa dana mudik tahun lalu).

4.      Pilih jenis transportasi
Pilih transportasi untuk mudik yang sesuai budget jauh-jauh hari. Bila Anda memiliki kendaraan pribadi akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan kendaraan umum, bila dihitung secara keseluruhan.

5.      Siapkan dana darurat
Perlu juga menyiapkan dana tak terduga minimal 10 persen dari total anggaran mudik.

6.      Bawalah uang tunai secukupnya
Cukup disini artinya sesuai dengan keperluan yang sudah Anda hitung mulai dari berangkat, tiba di kampung hingga balik kembali.

7.      Simpan uang di banyak tempat
Pada waktu diperjalanan, jangan menyimpan uang hanya pada satu tempat, misalnya beberapa uang di dalam tas anda dan yang lain di saku pakaian atau celana anda.

8.      Ikut program mudik gratis

Tiap tahun ada beberapa perusahan atau instansi pemerintah yang menggelar mudik gratis. Untuk meringankan biaya mudik, anda bisa mengikuti program mudik gratis ini (Baca: Info Cara Mudik Gratis 2013 Lengkap)