Inilah Hitungan UMP 2014



Inilah Hitungan UMP 2014 - Saat ini masalah Upah Minimum Provinsi (UMP) masih terus menjadi perbincangan yang hangat, pasalnya para buruh menginginkan UMP 2014 naik dengan persentase yang cukup tinggi, sementara para pengusaha tidak bisa menyanggupinya.

Untuk menyelsaikan masalah tersebut, pemerintah akan mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) tentang upah minimum. Inpres ini akan ditunjukkan para menteri dan gubernur di seluruh Indonesia. Bukan untuk dewan pengupahan.
UMP 2014

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa berharap dengan adanya Inpres ini para gubernur dalam menetapkan besaran UMP mengacu hasil rekomendasi dewan pengupahan. Sehingga, tidak lagi menambah besaran UMP yang melebihi rekomendasi dewan pengupahan.

“Misalkan rekomendasi dewan pengupahan adalah A, kemudiaan ditambah lagi lebih dari itu. Akibatnya industri dan dunia usaha tidak kuat menghadapi itu,” kata Hatta Rajasa.

Berikut Hitungan UMP 2014

1. Untuk perusahaan secara umum nilai besaran UMP 2014 adalah nilai inflasi tahun 2013 + 5 - 10 persen. Jadi kalau inflasi 9 persen berarti kenaikan maksimal UMP sebesar 10 persen.

2. Untuk industri padat karya dan usaha menengah. Nilai besaran UMP 2014 adalah nilai inflasi + 5 persen (maksimal).

3. Komponen kebutuhan hidup layak (KHL) akan dilakukan lembaga yang dinilai independent yaitu Badan Pusar Statistik (BPS).

Baca juga : DAFTAR UPAH MINIMUM PROVINSI UMP 2014