Tips Mengemas Pakaian di Koper Agar Lebih Ringan

Tips Mengemas Pakaian di Koper Agar Lebih Ringan - Salah satu bawaan yang tidak boleh ketinggalan sekaligus paling berat saat bepergian jauh seperti mudik adalah pakaian, terutama kaum wanita yang cenderung membawa pakaian yang lebih banyak. Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Agar lebih praktis dan ringan, anda harus pakai trik dalam mengemas koper. Dibawah ini ada beberapa tips mengemas pakaian di koper yang mungkin bisa anda coba.

Berikut Tips Mengemas Pakaian di Koper Agar Lebih Ringan

Pilih pakaian yang benar benar dibutuhkan
Kumpulkan dulu pakaian yang ingin atau perlu dibawa bepergian. Setelah semua dikumpulkan, baru mulailah menyortir mana yang benar-benar benar perlu dibawa dan mana yang hanya akan membuat penuh koper. Sebaiknya, sortiran ini berjumlah setengah dari pakaian yang sudah kamu kumpulkan tadi.

Pilih ukuran dan jenis koper yang sesuai
Jika pakaian yang ingin dibawa sudah dipilih dan disiapkan, maka anda tinggal menentukan jenis dan ukuran koper yang sesuai.

Gulung Pakaian
Cara ini bisa menghemat ruang di koper secara instan, sehingga Anda bisa mengepak semua benda yang harus dibawa dalam satu koper saja. Pilihlah pakaian yang bahannya travel-friendly. Bukan hanya nyaman dikenakan tapi juga mudah digulung dan tidak cepat kusut.

Rayon, katun dan linen merupakan bahan pakaian yang nyaman dan ringan tapi mudah kusut sehingga Anda mungkin perlu membawa setrika atau steamer portable ketika akan dipakai di tempat tujuan. Sebaiknya pilih pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut. Seperti polyester, jersey atau campuran katun-polyester. Bisa juga bahan denim dan rajutan.

Tata dengan benar
Saat memasukkan pakaian ke dalam koper, anda harus menatanya dengan benar sehingga ruangan yang ada di koper dapat terisi semua.

Tidak Perlu Bawa Barang yang Bisa Dipinjam
Jika berpergian bersama 5-6 orang atau keluarga besar, cari tahu apa saja yang mereka bawa dan apakah bisa dipinjam. Misalnya saja, ada beberapa orang yang tidak bisa pergi tanpa membawa hair dryer, payung atau selalu bawa peralatan mandi dalam ukuran besar. Tanyakan pada teman seperjalanan Anda apa saja yang dia bawa. Jika dia membawa sabun atau shampo dalam jumlah banyak, maka Anda bisa memintanya. Dengan begitu Anda tidak perlu membawa peralatan mandi lagi.

Barang-barang Sample
Jika bepergian sendirian atau tidak ada orang yang bisa diandalkan untuk dipinjam barangnya, bawalah kosmetik atau toiletries berukuran kecil. Selain menuangnya di botol traveling kit, Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk sample yang biasanya dikemas dalam ukuran kecil. Seperti make up, produk perawatan kulit, pasta gigi mini atau shampo/sabun sachet. Dengan begitu, beban koper yang harus Anda bawa jad berkurang.

Bawa Kantung Belanja
Jika menurut Anda akan pulang ke rumah dengan barang bawaan yang lebih banyak, kemaslah tas atau kantung belanja besar yang terbuat dari kain. Memang sedikit menambah beban dalam koper, namun akan sangat membantu jika selama dalam perjalanan Anda menerima hadiah, belanja banyak atau membeli souvenir khas untuk oleh-oleh.

Pilih pakaian yang multifungsi
pilih item yang bisa multifungsi, contohnya celana olahraga yanng bisa juga dipakai tidur atau scarf yang bisa dipakai sebagai aksesori maupun penghangat.

Pakai Baju yang Paling Berat Saat Traveling
Apabila akan liburan ke negara beriklim dingin atau ketika musim salju datang, pastinya Anda akan membawa pakaian berbahan berat seperti coat dari wool, sweater, jaket kulit, boots atau jeans. Jangan ragu untuk memakainya ketika akan berangkat karena akan membantu membuat barang bawaan Anda lebih ringan. Kenakan juga pakaian secara double. Misalnya sweater untuk dalaman dan jaket sebagai luaran.