Cara Mendapatkan Kartu BBM Subsidi



Cara Mendapatkan Kartu BBM Subsidi - Untuk membatasi penggunaan BBM subsidi, pemerintah tidak hanya berencana menggunakan sistem RFID (Baca: Inilah Cara Mendapatkan RFID BBM Subsidi Terbaru), tapi juga akan menggunakan sistem “Kartu Fasilitas BBM Subsidi”.

"Nanti pembelian BBM subsidi wajib pakai kartu, tidak boleh pakai uang tunah, nama kartunya nanti Kartu Fasilitas BBM Subsidi," kata Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Ibrahim Hasyim.

Menurut Ibrahim sekarang ini banyak SPBU yang sudah memiliki infrastruktur perbankan, beli BBM gunakan kartu debit atau kartu kredit, Kemudahan inilah yang akan dimanfaatkan pemerintah untuk mendorong perbankan untuk menyediakan fasilitas khusus pembelian BBM subsidi.

“Dengan mengandeng perbankan, data perbankan bisa digunakan untuk perhitungan data konsumsi BBM subsidi. "Kita juga bisa memanfatkan data milik perbankan dengan rekomendasi Bank Indonesia," kata Ibrahim.

Aturan ini rencananya akan dilakukan secara bertahap, alias tak bisa dilakukan serentak. Bulan depan, targetnya wilayah Jabodetabek jadi lokasi uji coba sistem baru ini.

Penggunaan kartu khusus dalam membeli BBM sebenarnya bukan hal yang baru, Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina Suhartoko mengatakan kalau saat ini sejumlah perusahaan telah bekerjasama dengan Pertamina untuk membeli SPBU dengan guest card, yang digunakan setiap sopir kendaraan dinas perusahaan.

"Saat ini ada beberapa perusahaan yang bekerjasama dengan SPBU, yang tidak ingin memberikan uang tunai ke sopir kendaraan perusahaanya, sehingga memberikan guest card," ungkapnya.

Cara Mendapatkan Kartu BBM Subsidi


Untuk mendapatkan kartu BBM subsidi, anda hanya perlu datang ke bank yang sudah ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan aturan ini. Beberapa bank yang sudah siap menerapkan aturan kartu BBM subsidi yaitu antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA dan BPD.

Sesampainya di bank, anda harus mengisi data pribadi seperti KTP dan copy STNK, hampir sama seperti ketika ingin mendapatkan kartu e-money atau e-toll card.

Sebagai tahap awal Kartu BBM Subsidi hanya bisa dari bank, kedepannya kartu tersebut didapat di mana saja, bisa di minimarket atau di SPBU yang memang sudah bekerjasama dengan bank penerbit kartu,