Inilah Cara Charger Baterai Ponsel yang Benar



Inilah Cara Charger Baterai Ponsel yang Benar - Baterai merupakan bagian yang terpenting pada sebuah gadget, komponen ini yang memberikan power supply ke gadget sehingga gadget kesayangan anda bisa digunakan. Namun banyaknya kasus smartphone meledak akhir akhir ini tentu akan membuat was was siapa saja.

Banyak yang mengira kejadian tersebut diakibatkan dari penggunaan perangkat pendukung yang tidak asli, namun pakar teknologi Teguh Prasetyo tidak setuju mengenai hal tersebut. Menurutnya, walaupun komponen perangkat resmi dari perusahaan tapi jika tidak diikuti dengan penggunaan yang benar maka bukan tidak mungkin akan berakibatkan fatal seperti kasus smartphone meledak.

Oleh karena itu anda perlu tahu bagaimana cara merawat baterai yang benar terutama dalam men-charge nya, sehingga gadget anda bisa awet (Baca: Tips Agar Baterai PonselAwet dan Tahan Lama)

Cara Charger Baterai Ponsel yang Benar


Buat timer di steker
Buat timer pada steker atau colokan listrik (banyak terdapat di toko elektronik). Sehingga, Anda bisa men-set berapa lama waktu untuk memutus aliran listrik secara otomatis.

Jangan tunggu sampai habis
Sebelum men-charge, pastikan terlebih dahulu baterai sudah kuning. Jangan tunggu sampai benar-benar habis (berwarna merah).

Jangan melakukan charge lebih dari 6 jam
Jangan mencharger baterai pada kondisi ponsel aktif selama lebih dari 6 jam

Segera cabut jika sudah selesai
Lepas atau cabut charger dari perangkat Anda ketika sudah penuh dengan segera. Biasanya pengisian baterai untuk ponsel paling lama memakan waktu sampai tiga jam. Akan tetapi, kembali lagi pada jenis perangkatnya itu sendiri. Di mana, semakin besar kapasitas baterai maka semakin lama juga waktu pengisian dayanya.

Pastikan kebutuhan power gadget
Jika Anda mau membeli charger tambahan, pastikan terlebih dahulu sesuai dengan daya kebutuhan perangkat. Misalnya, kapasitas baterai perangkat 2 Ampere maka jangan sampai mengisi baterainya dengan perangkat pendukung berkapasitas di atas atau di bawah itu. Hal itu akan merusak perangkat.

Masukan charger ke gadget dahulu
Jika ingin melakukan charging, colokkan dulu pada slot charger ponsel, kemudian baru adaptornya ke pusat listrik.

Cabut kontak listrik terakhir
Jika sudah selesai, cabut charger dari gadget kemudian cabut charger dari lubang kontak listrik. Jangan terbalik.

Jangan digunakan ketika di charge
Jangan menjalankan ponsel ketika di charge. Seperti bermain game berat, memutar musik dengan volume tinggi, mengunduh berkas berukuran besar, menelefon dengan jangka waktu yang lama, dan streaming video.

Gunakan sumber listrik yang stabil
Jangan mencharger ponsel dengan kekuatan listrik yang tersendat-rendat atau tegangan listrik yang tidak stabil.

Jangan sering copot pasang
Jangan sering mencopot-pasang charger jika belum penuh. Anda bisa gunakan ponsel lain jika memang perlu.

Baca user guide
Jangan malas untuk membaca user guide pada kotak atau boks ponsel. Sebab, berbagai informasi dijelaskan disitu agar pengguna dapat lebih memahami spesifikasi dari perangkatnya.