Inilah Jadwal dan Mekanisme Jam Wajib Belajar di Jakarta

Inilah Jadwal dan Mekanisme Jam Wajib Belajar di Jakarta - Semakin meningkatkan kenakalan remaja saat ini, terutama di Ibu Kota Jakarta membuat sang Gubernur Jokowi berencana untuk menerapkan jam wajib belajar alias jam malam.

Nantinya jam malam ini akan berlaku untuk seluruh siswa di Jakarta. Dalam menjalankan rencananya ini, Dinak Pendidikan akan berpegang pada Perda No 8 Tahun 2006 tentang wajib belajar.

Sebagai permulaan, aturan jam wajib belajar akan diterapkan pada bulan Oktober depan dan akan ada ada 10 RT di lima wilayah di Jakarta yang akan menjadi proyek percontohan program itu, salah satunya di Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, megatakan Dengan jam malam ini diharapkan orangtua bisa turut mengontrol anak-anaknya dalam belajar. Tapi tidak hanya anaknya sendiri, juga semua anak di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Jadwal dan Mekanisme Jam Wajib Belajar di Jakarta


Agar aturan jam wajib belajar berjalan efektif, Dinas Pendidikan akan berkoordinasi dengan masing masing dua RT yang sudah dipilih dan tokoh masyarakat di tiap wilayahnya.

Nantinya rumah yang akan dijadikan pilot project akan di tempel stiker. Tujuannya hanya untuk mengingatkan bahwa ada jam belajar untuk siswa.

Secara teknis, siswa wajib belajar dan tidak boleh ke luar rumah mulai pukul 19.00 hingga 21.00. Jam wajib belajar ini akan diawasi langsung ketua RT dan warga setempat.

Mengenai sanksi, saat ini belum ditetapkan secara spesifik apa saja sanksi yang akan diberikan kepada siswa yang melanggar aturan. Taufik menyarankan agar masyarakat bisa menegur siswa siswa yang melanggar aturan jam wajib belajar.