Inilah Jadwal Resmi, Spesifikasi dan Fitur BBM untuk Android di Indonesia

Inilah Jadwal Resmi, Spesifikasi dan Fitur BBM untuk Android di Indonesia - Buat anda pengguna Android bersiaplah untuk bisa mencicipi Blackberry Messenger atau BBM di smartphone Android.

Rencananya BBM untuk Android akan resmi diluncurkan dalam arti bisa digunakan pada hari Sabtu tanggal 21 September 2013 pukul 07.00 pagi waktu Eastern Day Time (EDT). Jika menggunakan waktu Indonesia, aplikasi BBM untuk Android seharusnya telah tersedia untuk pengguna Android di Indonesia pada hari Sabtu, 21 September 2013, pukul 18.00 WIB.

Sementara untuk iOS, terpaut satu hari yaitu akan tersedia secara global di aplikasi App Store pada hari Minggu 22 September 2013 pukul 00.01 WIB.

Jadwal Resmi, Spesifikasi dan Fitur BBM untuk Android di Indonesia


Aplikasi BBM bisa berjalan di iPhone dengan sistem operasi iOS versi 6/7. Sedangkan untuk Android, BBM bisa berfungsi minimal pada Android versi berbasis Ice Cream Sandwich (4.x). Perlu diingat, untuk perangkat iOS, BBM hanya bisa digunakan di iPhone. Tidak bisa di tablet PC.


Sejumlah fitur dibenamkan BlackBerry untuk semakin menarik minat pengguna menggunakan layanan messagingnya tersebut. Fitur yang bisa dinikmati antara lain BBM Music, BBM Video dan sejumlah in apps menarik.

Berikut Fitur BBM untuk Android dan iOS

1.      "Chatting" ala BBM

Pengguna BlackBerry tentu akrab dengan huruf kecil "D" dan "R" di BBM yang menunjukkan status pesan apabila telah terkirim dan dibaca. BBM juga menunjukkan apabila lawan bicara sedang mengetik pesan balasan. Fitur khas yang satu ini turut diboyong ke BBM di Android dan iOS. 

2.      Kemampuan berbagi foto dan "voice notes"
Kemampuan pengiriman lampiran file (attachment) berupa gambar atau file jenis lain adalah salah satu fitur wajib untuk aplikasi chatting masa kini. BBM pun tak alpa menyediakan fungsi tersebut.

3.      BBM Group hingga 30 pengguna
BBM Groups di aplikasi BBM untuk Android dan iOS mampu menampung hingga 30 pengguna berbeda. Seperti di ponsel BlackBerry, group chat ini juga mendukung sharing gambar dan jadwal antarsesama anggota, juga penyiaran satu pesan ke banyak pengguna sekaligus di dalam grup alias Broadcast Message.

4.      Notifikasi perubahan status
BBM akan memberi tahu pengguna apabila ada pesan baru, perubahan status, ataupun penggantian foto Profile Picture dari teman-teman di dalam daftar kontak.

5. "Personal Identification Number" (PIN)
Inilah salah satu keunikan yang membedakan BBM dari teman-temannya sesama aplikasi pesan instan. PIN dipakai untuk mengidentifikasi pengguna agar nomor telepon atau alamat e-mail tak perlu tersebar sehingga menjaga privasi.