Inilah Masalah Kesehatan Orang Kantoran



Inilah Masalah Kesehatan Orang Kantoran - Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko kesehatannya masing masing, termasuk pekerja kantoran. Orang orang yang kerja di kantor mungkin terlihat menyenangkan, ruangan sejuk, duduk di kursi empuk dan hanya berhadapan dengan komputer.

Tapi jangan salah, pekerjaan tersebut bukan tanpa resiko kesehatan. Justru sering di ruangan ber AC (Baca: Tips Mengurangi Dampak Negatif AC) dan  keenakan duduk bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan. Mau tahu apa saja ?


1.      Sakit Leher
Berjam-jam duduk di depan komputer bisa menyebabkan sakit leher. Untuk menghindari datangnya masalah ini, ada baiknya melakukan sedikit peregangan sehingga otot tidak lelah dan kram.

2.      Mata Pedas
Terlalu lama memelototi komputer bisa membuat mata terasa pedas yang diakibatkan oleh keringnya mata. Mata yang terasa pedas biasanya diikuti mata merah. Untuk menghindarinya, pastikan mata istirahat dengan tidak memandang layar komputer sekitar dua menit setiap jam. Untuk merilekskan mata, bisa dicoba duduk santai sembari memejamkan mata sekejap.


3.      Kehilangan Nafsu Makan
Banyak deadline, meeting, dan setumpuk pekerjaan lain terkadang membuat pekerja kantoran kerap melewatkan waktu makan. Banyaknya pekerjaan juga membuat mereka sering kehilangan nafsu makan. Alhasil melewatkan waktu makan itu pun menjadi kebiasaan. Pola makan yang tidak sehat ini pun memicu masalah pencernaan.

4.      Perut Buncit
Demi menghemat waktu, pekerja kantoran akhirnya memilih makanan siap saji. Akibat memiliki kebiasaan makan junk food yang tidak diimbangi dengan gerak badan, tentunya akan memicu naiknya bobot tubuh. Untuk menghindari perut buncit, maka sebaiknya makan makanan yang rendah kalori seperti salad segar.


5.      Sakit Kepala
Tekanan kerja bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang umum terjadi yakni sakit kepala. Beberapa pekerja juga mengalami migrain yang umumnya meningkat seiring stres yang dialami.

6.      Stres
Masalah kesehatan lain yang umum dialami pekerja kantoran adalah stres. Jika tak diatasi, stres akan memicu masalah kesehatan lainnya, baik fisik maupun mental.


7.      Sulit Tidur
Menyelesaikan pekerjaan hingga larut malam sering kali menjadi kebiasaan dan menyebabkan seseorang sulit tidur. Pekerjaan memang penting, tetapi tidur yang baik juga sangat penting bagi tubuh dan pikiran. Karena itu, pandai-pandailah mengatur waktu.


8.      Sakit Punggung
Posisi duduk saat bekerja jangan dianggap sepele. Sebab kesalahan posisi duduk bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi para pekerja. Bagaimana posisi duduk yang baik? Duduklah di kursi yang tepat dan pastikan keyboard komputer setara dengan siku. Jika keyboard berada di atas atau di bawah siku, itu artinya posisi duduk Anda belum benar.

9.      Nyeri Badan
Setelah menjalani hari-hari kerja yang begitu hectic, salah satu keluhan pekerja kantoran adalah nyeri badan. Untuk mengatasinya, segarkan diri dengan mandi dengan air segar saat pulang kantor. Jangan lupa untuk tetap berolahraga. Kesibukan kantor jangan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Sebab olahraga bisa meningkatkan sirkulasi darah, menjaga hati dan pikiran tetap sehat, dan bisa menjadi pembasmi stres.