Manfaat dan Cara Mendaftar Jamkesnas



Manfaat dan Cara Mendaftar Jamkesnas - Jamina Kesehatan Nasional (JKN) bisa dirasakan masyarakat per 1 Januari 2014 nanti. Namun untuk mendapatkan manfaat dari JKN anda harus membayar iuran setiap bulannya ke Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kementerian Nasional, Drg. Usman Sumantri. M. PH menjelaskan kalau JKN ini memiliki banyak manfaat untuk masyarakat yaitu berupa jaminan kesehatan yang bersifat pelayanan kesehatan perorangan mencakup dari awal pengobatan sampai bahan medis sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan.

Dr. Fahmi Idris selaku Direkur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mengatakan ada 4 kriteria yang akan diutamakan dalam mendapatkan pelayanan JKN, yaitu

- Pemegang eks Askes sebelumnya
- Penerima bantuan iuran (masyarakat sangat miskin, miskin dan rentan)
- Eks Jamsostek
- TNI dan Polri


- Peserta jaminan kesehatan mendapat jaminan kesehatan meliputi fasilitas primer, sekunder dan tersier, baik milik pemerintah maupun swasta yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

-Menjamin kesehatan medis dari administrasi pelayanan, pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis seseorang sampai non-medis seperti akomodasi dan ambulan.

-Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non-operatif, kemudian pelayanan transfusi darah sesuai kebutuhan medis.

-Manfaat jaminan kesehatan bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Di mana pelayanan promotif dan preventif meliputi pemberian pelayanan, penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi dasar, keluarga berencana dan skrining kesehatan. Kemudian, pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pertama dan pelayanan rawat inap tingkat pertam sesuai dengan keluhan penyakit.

-Menjamin pelayanan kesehatan sebanyak lima anggota keluarga, termasuk pembayar iuran.



1. Untuk para pekerja atau karyawan yang sudah terdaftar sebagai peserta Jamsostek, bisa meminta perusahaan tempat mereka bekerja untuk mendaftarkan ke BPJS. Nantinya dari pekerja menanggung dua persen dari penghasilannya per bulan, dan sisa tiga persen ditutupi oleh perusahaan.

2. Bagi yang tidak mampu bayar iuran akan dimasukan ke kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI). Namun peserta PBI ditetapkan oleh pemerintah.

2. Untuk perseorangan/non-penerima upah bisa langsung mendaftarkan diri ke BPJS kesehatan cabang terdekat untuk mendapat perlindungan kesehatan untuk keluarganya. Persyaratan yang harus dibawa antara lain :

- Pas foto 3x4
- Fotokopi KTP
- Kart keluarga


Layanan Kesehatan yang Tidak Dijamin Jamkesnas (JKN)

- Pelayanan di fasilitas kesehatan yang belum bekerja sama dengan BPJS Kesehatan

- Pelayanan tidak sesuai indikasi medis atau untuk tujuan estetika

- Pelayanan pengobatan alternatif

- Pelayanan untuk mendapatkan keturunan

- Pelayanan berobat ke luar negeri untuk tujuan estetika

- Pelayanan untuk gangguan kesehatan akibat menyakiti diri sendiri (bunuh diri/narkoba).