Syarat Cara dan Gaji SPG di Pameran Mobil Terbaru


Syarat Cara dan Gaji SPG di Pameran Mobil Terbaru - Dalam sebuah pameran otomotif baik itu motor maupun mobil tidak lepas dengan yang namanya Sales Promotion Girls (SPG) (Baca: Inilah SPG Terbaik di IIMS 2013). Wanita wanita cantik inilah yang menjadi salah satu alasan pengunjung untuk mendatangi pameran pameran otomotif, seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) yang baru berakhir Minggu kemarin.

Lalu, berapa sih gaji yang diterima SPG ketika ada pameran otomotif, khususnya mobil ? Nah ini jawabannya, sekaligus melengkapi artikel sebelumnya (Baca: Standar Gaji Semua Posisi di Indonesia).


Untuk menjadi SPG di pameran mobil seperti IIMS 2013 lalu, selain wanita dan berumur berkisar 16 sampai 30 tahun, anda juga harus memiliki tubuh yang terawat dan terlihat cantik.

Biasanya ada grade atau kategori pada SPG, yang membedakan hanyalah tinggi badan. Grade A harus memiliki tinggi badan dari 166 sampai 172 sentimeter, sedangkan grade B 165 sentimeter..

Grade A biasanya dipesan untuk memasarkan mobil mewah. Sementara grade B lebih digunakan untuk memasarkan produk telepon seluler atau rokok.


Untuk grade A berkisar Rp 450 sampai Rp 800 ribu per hari selama enam jam kerja. Untuk grade B dibawah kisaran diatas.

“Lumayan lah mas penghasilan jadi SPG otomotif paling kecil itu Rp 5 juta untuk event nasional dan kalau event internasional ini sih bisa dapat Rp 5 Juta sampai Rp 12 juta tergantung dari kecil dan besarnya brand itu sendiri, kalau saya sih iya Rp 12 juta sampai lah," ujar Florencia Novella (18), salah satu SPG di IIMS 2013.

Tidak jauh berbeda dengan Floren, Lisa (20) SPG mobil ternama di Indonesia lainnya menuturkan penghasilan dari SPG otomotif memang besar dan bisa dijadikan tabungan di masa depan. Jika tabungannya sudah banyak, ia bercita-cita menjadi seorang pengusaha.

"pendapatannya pun mencapai Rp 12 juta selama event berlangsung apalagi ini kan event besar internasional," katanya.


Pihak agency memiliki berbagai cara untuk mencari dan merekrut calon SPG. Mulai dari 'hunting' ke kampus – kampus, memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter hingga 'broadcast' di Blackberry Messenger.

Menurut Ainun Fitri, 32 tahun, - salah seorang agency penyalur SPG-, seorang SPG tidak hanya dilihat dari wajah yang cantik dan bodi menarik. Mereka juga dinilai dari faktor kecerdasan, antara lain kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Khususnya untuk SPG yang akan bertugas di pameran otomotif semacam Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013.