Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan - Makan merupakan kegiatan yang harus dilakukan manusia untuk memperoleh energi dalam melakukan segala aktiftasnya. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan setelah anda makan, baik itu yang sebaiknya dilakukan (Baca: Hal yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Makan) maupun yang sebaiknya ditinggalkan. Hal ini bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan terutama pencernaan anda.


1.      Merokok
Merokok sudah tentu merupakan kebiasaan yang tidak sehat karena bisa merusak paru-paru. Tapi efeknya bisa lebih berbahaya apabila dikonsumsi setelah makan. Berdasarkan sejumlah penelitian, merokok setelah makan sangat berbahaya karena meningkatkan risiko kanker sepuluh kali lebih tinggi.

2.      Hubungan inti
Setelah makan maka otomatis perut kita akan terasa penuh. Oleh karena itu seperti dilansir dari healthmeup.com maka Anda disarankan untuk tidak berhubungan seks karena akan menyebabkan kram perut yang parah.

3.      Minum teh
Mungkin ini bisa menjadi kabar yang buruk bagi Anda pecinta teh karena kandungan asam yang tinggi dalam teh akan menyebabkan kandungan protein naik dua kali lipat. Akibat dari hal ini adalah sistem pencernaan Anda akan bekerja keras untuk mencerna makanan.

4.      Mandi
Mandi akan meningkatkan aliran darah di seluruh tubuh, terutama pada tangan dan kaki. Jika Anda langsung mandi setelah makan, jumlah darah di sekitar perut akan meningkat dan kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Hal tersebut membuat sistem pencernaan
5.      Berjalan jauh
Kita umumnya berpikir bahwa berjalan setelah makan akan mempercepat proses pencernaan. Namun nyatanya berjalan akan mencegah sistem pencernaan menyerap nutrisi makanan. Akibatnya tubuh tidak menerima nutrisi yang cukup.Kita umumnya berpikir bahwa berjalan setelah makan akan mempercepat proses pencernaan. Namun nyatanya berjalan akan mencegah sistem pencernaan menyerap nutrisi makanan. Akibatnya tubuh tidak menerima nutrisi yang cukup.

6.      Tidur
Rasa kantuk yang menyerang setelah makan pastinya akan membuat Anda ingin buru-buru tidur. Tidur segera setelah makan mengakibatkan infeksi lambung karena sistem pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik.

7.      Makan buah
Mengonsumsi buah setelah makan akan membuat perut terasa kembung karena sifatnya yang 'memfermentasikan' makanan di dalam perut. Untuk itu, makanlah buah 1-2 jam sebelum atau setelah makan hidangan utama.

8.      Melepas ikat pinggang
Mungkin hal ini terdengar tidak masuk akal. Namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa apabila Anda melepaskan ikat pinggang setelah makan maka usus Anda akan 'bergerak' dengan aktif dan hal ini akan berakibat fatal bagi kesehatan Anda.