Ingat ! Tahun Depan Ada 2 Jenis UMP

Ingat ! Tahun Depan Ada 2 Jenis UMP - Upah Minimum Provinsis (UMP) merupakan salah satu hal yang selalu menjadi tuntutan para buruh. Tidak adanya kesepakatan besaran UMP antara pengusaha dan buruh, membuat para buruh sering berdemo tiap tahunnya.

Untuk tahun 2014 nanti (Baca: Inilah Hitungan UMP 2014), para buruh menginginkan kenaikan UMP sebesar 50 persen. Tuntutan buruh ini langsung ditolak oleh para pengusaha, pasalnya mereka menganggap kenaikan tersebut terlalu besar dan akan semakin memberatkan biaya operasional perusahaan mereka.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah berencana membuat formula baru dalam penentuan Upah Minimum Provinsi. Jadi di tahun 2014 nanti akan ada 2 jenis UMP yang di tetapkan yaitu UMP untuk industri besar dan UMP untuk industri padat karya..

Hal ini dilakukan pemerintah untuk menanggapi keluhan para pelaku industri padat karya seperti tekstil, garmen, sepatu dan lainnya yang tidak siap dengan kenaikan UMP 2013.

Tahun Depan Ada 2 Jenis UMP

"Industri padat karya mengalami masalah dengan peningkatan UMP tahun lalu. Sehingga untuk sekarang kita akan bedakan," ungkap Muhaimin.

Gubernur harus membuat roadmap untuk penentuan kedua UMP tersebut. Sehingga dapat diketahui apakah UMP yang ditetapkan sesuai dengan aspirasi perusahaan dan buruh.

"Maka itu gubernur membuat roadmap industri padat karya dalam penentuan UMP. Dalam roadmap dijelaskan secara rinci komponen-komponennya. Kemudian itu yang membedakan industri padat karya dengan yang lain," jelasnya.

Untuk mengendalikan UMP agar tidak ditetapkan terlalu tinggi, maka pemerintah provinsi harus mempertimbangkan pengajuan dari Dewan Pengupahan Daerah. Dewan Pengupahan akan melakukan survey terhadap komponen hidup layak para buruh.

"Ada 2 roadmap, upah industri besar dan upah industri padat karya. Itu tergantung gubernur. Karena roadmap-nya dibuat oleh gubernur," tambahnya.