Inilah Daftar Dinasti SBY versi Golkar

Inilah Daftar Dinasti SBY versi Golkar - Partai Golkar sepertinya tidak suka sindiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai kadernya yang kini sedang terlibat masalah yaitu Ratu Atut.

Sepeti kita tahu, Gubernur Banten Ratu Atut sekarang ini menjadi pembicaraan publik, setelah adiknya Tubagus Caery Wardana di tangkap petugas KPK karena diduga menyuap Ketua MK Akil Mochtar. Atut terseret dalam kasus tersebut.

Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata di Banten tempat dimana Ratu Atut berkuasa banyak kerabat Atut yang masuk ke sistem pemerintah daerah, sehingga banyak media yang menyebutnya sebagai Dinasti Banten (Baca: Daftar Silsilah Dinasti Banten era Ratu Atut).

Inilah Daftar Dinasti SBY versi Golkar

Hal inilah yang membuat pihak Gokar geram, menurut Golkar yang diwakili Ketua Balitbang DPP Partai Golkar, Indra J Piliang, SBY juga membangun politik dinasti. Baik itu yang terjadi di Partai Demokrat maupun di Pacitan Jawa Timur, asal SBY.

"Apa tidak ada keluarga SBY di sana? Atau Demokrat dukung siapa di sana? Lalu Keluarga-keluarga Presiden pak SBY, bu Ani yang maju menjadi Pileg segala macam atau kepala daerah akhirnya dihitung orang," kata Indra di Cikini, Jakarta Pusat.

Indra juga menyindir politik dinasti di Partai Demokrat. SBY adalah Ketua Umum DPP, dimana Sekjennya adalah anak SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. Beberapa kader Demokrat yang menjadi menteri ikut juga maju sebagai caleg.

Seperti diketahui, sejumlah anggota keluarga dan kerabatnya tercatat sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

SBY melalui Partai Demokrat menempatkan anak, adik ipar, sepupu dan sejumlah nama kerabatnya dalam daftar nama-nama caleg partai tersebut.

Paling tidak terdapat 15 nama caleg yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga Cikeas.

Nama caleg yang merupakan kerabat dekat keluarga Cikeas, yakni Edhi Baskoro Yudhoyono (anak SBY) Dapil Jatim VII, Sartono Hutomo (sepupu SBY) Dapil Jatim VII, Hartanto Edhi Wibowo (adik ipar SBY) Dapil Banten III, Agus Hermanto (adik ipar SBY) Dapil Jateng I, dan Nurcahyo Anggorojati (anak Hadi Utomo yang juga ipar SBY) Dapil Jateng VI.

Selanjutnya, ada nama Lintang Pramesti (anak Agus Hermanto) Dapil Jabar VIII, Putri Permatasari (keponakan Agus Hermanto) Dapil Jateng I, Dwi Astuti Wulandari (anak Hadi Utomo) Dapil DKI Jakarta I, Mexicana Leo Hartanto (keponakan SBY) Dapil DKI Jakarta I, dan Decky Hardijanto (keponakan Hadi Utomo) Dapil Jateng V.

Kemudian, ada pula nama Indri Sulistiyowati (keponakan Hadi Utomo) Dapil NTB, Sumardani (suami Indri Sulistiyowati) Dapil Riau I, Agung Budi Santoso (keluarga Hadi Utomo) Dapil Jabar I, Sri Hidayati (adik ipar Agung BS), dan Putut Wijanarko (suami Sri Hidayati) Dapil Jatim VI.