Tips Cara Dapat Rumah Murah Melalui Lelang

Tips Cara Dapat Rumah Murah Melalui Lelang - Ada beberapa cara untuk mendapatkan rumah murah, salah satunya adalah melalui lelang. Anda bisa mendapatkan informasi rumah yang dilelang dengan cara menghubungi pihak bank atau melihat situsnya. Untuk BRI contohnya, anda bisa lihat di http://infolelang.bri.co.id/.

Ada beberapa penyebab mengapa sebuah rumah dilelang oleh bank, antara lain:

- Pembelian rumah dengan sistem KPR namun debitur tidak melakukan angsuran selama beberapa bulan, dalam istilah perbankan ada yang menyebutnya sebagai nasabah wanprestasi.
- Pemilik resmi rumah yang melakukan peminjaman uang di Bank dengan jaminan sertifikat rumah sehingga ada kesepakatan untuk mengangsur cicilan dana pinjaman, ketika pemilik rumah tidak membayar angsuran maka pihak perbankan dapat menyita bangunan jaminan untuk kemudian melelangnya.
- Pengusaha perorangan atau badan cv/PT yang tidak melaksanakan kewajiban perpajakan sehingga mendapat sanksi penyitaan, dengan begini maka ada kemungkinan bangunan dilelang.
- Seseorang yang secara sukarela menyerahkan rumahnya kepada bank untuk dilelang.

Banyak keuntungan jika Anda lakukan pembelian produk properti termasuk rumah dengan cara sistem lelang. Pertama, biasanya produk properti yang diperjualbelikan dalam sistem lelang harganya di bawah harga pasaran, kedua pembelian produk properti dalam sistem ini memiliki tingkat risiko yang rendah.

Seperti permasalahan terhadap surat-surat tanah yang sifatnya minimal, karena telah melalui beberapa kali proses pengecekan oleh instansi terkait,.


Konsultasi dengan ahlinya
Sebelum membeli produk properti, jika Anda sempat dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi segala macam risiko sehingga transaksi pembelian dapat berjalan dengan lancar.

Siapkan dana
Setelah itu siapkan dana dan jangan lupa untuk membawa dana awal atau uang muka properti yang akan dibeli pada hari pelaksanaan lelang. Ada baiknya jika menawar sesuaikan dengan anggaran Anda. Terapkan sikap sabar dan jangan emosi, jika di benak Anda muncul keraguan-raguan bertanyalah kepada pihak balai lelang.

Pahami aturan main
Selain itu karena Anda membeli properti dalam sistem lelang, seharusnya mengikuti peraturan-peraturan yang ada.

Lakukan pengecekan fisik bangunan
Bagi Anda, calon peserta lelang, juga diperbolehkan melakukan pengecekan. Hal ini malah dinilai sebagai suatu kewajiban bagi setiap calon peserta lelang untuk melihat kondisi obyek dan kelengkapan dokumen pada saat balai lelang melakukan open house.

Lakukan pengecekan surat
Dengan Surat-surat harus dipelajari, antara lain sertifikat tanah, peruntukan tanah, izin mendirikan bangunan (IMB), hak tanggungan yang membebani tanah dan rumah, serta penguasaan fisik atas tanah dan rumah.

Ajukan KPR di Bank Lelang
Ada baiknya bila anda ingin membeli rumah lelang di bank tertentu misal di Bank BRI, maka sebaiknya anda juga mengambil KPR di BRI juga untuk mempercepat proses. Ini dimaksudkan karena perbankan akan mendapat dua keuntungan yaitu berkurangnya kredit macet dan bertambahnya pemasaran kredit pemilikan rumah.

Hubungi Notaris

Kurang lebih 2 minggu sebelum jadwal lelang, ada baiknya kita berkoordinasi dengan notaris untuk memastikan semua hal terkait legalitas KPR termasuk akad kredit telah siap

Langkah langkah membeli rumah yang dilelang bank

1. Langkah pertama kita cari dulu rumah yang ditempel stiker dalam pengawasan Bank, disitu kita lihat Bank apa yang menyita apakah BTN,mandiri,BRI,BNI atau perbankan lainya.
2. Berikutnya kita datang ke kantor cabank Bank tempat debitur melakukan pinjaman, menghadap customer service untuk diberikan penjelasan dengan bagian apa dapat memperoleh informasi tentang pelelangan rumah tersebut.
3. Apabila rumah dalam status bisa langsung dibeli maka kita bisa melakukan pembelian disitu dengan cara tunai atau mengangsur.
4. Apabila ada jadwal pelalangan rumah kepada masyarakat umum maka kita bisa menanyakan kapan dan dimana proses lelang berlangsung.
5. Proses pembelian rumah lelang Bank dapat kita lakukan dengan harga jual yang sudah ditentukan pihak Bank.