Buku Nikah Habis, Nih Dia Penggantinya


Buku Nikah Habis, Nih Dia Penggantinya - Saat ini pernikahan tanpa disertai buku nikah sedang marak di beberapa daerah. Ini bukan trend baru, keterlambatan tender yang dilakukan Kemenag dituding sebagai peyebab hilangnya buku nikah di sejumlah daerah.

Namun menurut Dirjen Bimas Islam Kemenag Abdul Jamil, kurangnya ketersedian buku nikah di beberapa daerah lebih disebabkan tingginya angka pernikahan saat ini.

Di antaranya, kata Jamil, Jawa Timur, NTB, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. “Sebagian besar yang menikah adalah pasangan Muslim,” ujarnya.

Salah satu pasangan yang merasakan fenomena langka ini adalah Yola Triana Muchtar yang menikah di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 10 Oktober lalu. “Sampai sekarang saya belum dapat buku nikah,” ujarnya, Selasa (29/10).

Pernikahan yang dilakukannya lancar. Proses ijab kabul dan penghulu pun datang seperti biasa. Namun satu hal yang kurang, yaitu buku nikah.

Lalu apa penggantinya ?

Sama seperti daerag lain, di Tajurhalang, Bogor, Jawa Barat, sepasang pengantin tak mendapat buku nikah. Mereka hanya menerima piagam sebagai pengganti buku. Itu dialami Muhammad Jusuf dan Dina Puspitasari yang menikah pada Minggu, 3 November 2013.

Lukman Hakim, Penghulu KUA Tajurhalang mengaku telah menikahkan 10 pasangan tanpa buku nikah. Ini semua lantaran stok buku akta nikah di kantornya sudah habis. "Dari pusat kami tak dapat pasokan," katanya.

Penasaran dengan bentuk piagamnya ? Lihat saja di video ini





Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Lifestyle
Judul : Buku Nikah Habis, Nih Dia Penggantinya
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2013/11/buku-nikah-habis-nih-dia-penggantinya.html.