Daftar Penyakit yang Bisa Menular Lewat Ciuman


Daftar Penyakit yang Bisa Menular Lewat Ciuman - Ada banyak manfaat yang kita dapat melalui ciuman, tentunya dari pasangan yang sah yaitu antara lain dapat memberikan rasa nyaman dan meredakan stress. Walaupun demikian, anda perlu perhatikan kondisi kesehatan anda, jangan sampai virus atau bakteri yang ada di tubuh anda berpindah ke orang yang anda sayangi.


1.      Flu dan Pilek
Pilek ditularkan melalui kontak langsung dengan virus. Anda bisa terinfeksi flu dari tetesan liur atau dari kontak langsung dengan sekresi (cairan dan lendir) dari hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi.

2.      Glandular Fever atau Kissing Disease
Glandular fever adalah istilah umum untuk infeksi virus yang disebut infeksi mononukleosis, yang oleh virus Epstein-Barr dan Cytomegalovirus (CMV). Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti air liur, lendir atau air mata. Karena sebagian besar penularan penyakit adalah melalui ciuman, sehingga sering disebut dengan kissing disease.

3.      Herpes
Virus yang dianggap bagian dari keluarga herpes termasuk Epstein-Barr, varicella-zoster (penyebab cacar air) dan herpes simplex (menyebabkan cold sores). Herpes simplex virus dapat menyebar melalui kontak langsung dengan virus saat berciuman. Herpes paling mudah menyebar ke orang lain ketika lesi terbentuk atau telah meletus.

4.      Hepatitis B
Berciuman juga dapat menularkan virus ini, meskipun darah memiliki tingkat virus lebih tinggi ketimbang air liur. Infeksi dapat terjadi ketika darah dan air liur yang terinfeksi bersentuhan langsung dengan aliran darah orang lain atau selaput lendir. Seseorang lebih mungkin terinfeksi saat berciuman jika mereka berdua memiliki luka terbuka di atau di sekitar mulut.

5.      Kutil
Kutil di dalam mulut dapat menyebar melalui ciuman, terutama jika ada daerah trauma terakhir.

6.      Penyakit Meningokokus
Ini adalah kondisi yang berpotensi mengancam jiwa yang meliputi meningitis, radang selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang, dan septikemia. Bakteri ini dapat ditularkan baik melalui kontak langsung atau melalui tetesan liur.